• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Abdul Rasyid

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Ketua DPRD Kutai Kartanegara Abdul Rasyid menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, yang dilaksanakan di Bappeda Kukar Kamis (7/4/2022) lalu.

Rasyid mengatakan selama ini pemerintah dan DPRD Kukar selalu bersinergi dalam merumuskan kegiatan-kegiatan pembangunan yang ada di Kukar. Dimana niat bagaimana berbuat baik untuk Kukar, jadi kalau soal harmonisasi tidak perlu diragukan lagi. Karena itu memang komitmen DPRD.

"Mudah-mudahan dari kegiatan yang kita rumuskan pada hari ini nanti menghasilkan pemikiran-pemikiran yang konstruktif dalam membawa kemajuan bagi Kukar. Terutama yang lebih khusus yang disampaikan Rektor Unikarta, karena penting sekali bagaimana kita meningkatan SDM kita. Kalau tidak diawali dari sekarang kita akan kuwalahan kedepannya." kata Rasyid.

Sementara itu Rektor Unikarta Prof Ince Raden yang turut hadir dalam acara itu menyampaikan aspek bagaimana untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kukar, kalau dilihat data yang ada khususnya dari aspek mahasiswa yang ada di Unikarta itu hampir 70 persen itu berasal dari Hulu Mahakam dengan kemampuan yang sangat beragam dan ekonomi yang terbatas.

"Saya membayangkan kalau ini tidak kita lakukan secara baik untuk meningkatkan kapasitas mereka sampai proses sarjana, ini menjadi beban bagi kita dimasa yang akan datang." ungkapnya.

Ia mengungkapkan salah satu aspek yang perlu dilakukan adalah bagaiman perguruan tinggi yang menjadi dambaan Kukar, untuk bisa duangkat kepermukaan. Untuk menjawab bahwa Kukar itu mempunyai Perguruan Tinggi yang dibanggakan.

"Kalau ini tidak dilakukan maka 10-20 tahun kita akan ketinggalan, tapi juga bukan kita pesimis. Banyak hal yang harus dilakukan. Saat ini lulusan sarjana tidak jaminan untuk bisa bersaing, kita harus mempunyai kompetensi-kompetensi yang lain." tegasnya.

Ince menjelaskan konkritnya adalah di Unikarta merencanakan program studi IT, Unikarta harus membuka pasca yang baru karena saat ini Unikarta telah melahirkan 7000 alumninya salah satunya pak Sekda dan Ketua DPRD Abdul Rasyid.

"Saya melihat kalaupun ada masalah di Unikarta ini harus dibicarakan, kalau tidak diselesaikan kita gengsi ini tidak akan selesai." terangnya.

"Dan tidak ada satupun kesulitan kalau kita tidak duduk bersama tidak terselesaikan, sehingga Univeraiatas yang kita banggakan ini akan maju dan berkembang. Kemudian orang berangan-angan untuk masuk di Kampus ini, dan itu suatu kebanggaan bagi Kukar. Apalagi kita menghadapi IKN di tahun 2024." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top