• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



dr Martina Yulianti

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Tercatat dalam dua bulan terakhir ini Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan tertinggi capaian vaksinasi harian se-Kalimantan Timur. Hal ini disebutkan Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto saat meninjau vaksinasi di STT Tenggarong, pada Rabu (6/4/2022)

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kukar dr Martina Yulianti, membenarkan bahwa Kukar memiliki capaian vaksinasi harian tertinggi se-Kaltim dua bulan terakhir.

"Makanya waktu itu vaksin untuk anak-anak masih rendah di satu digit antara 7 persenan, tapi sekarang kan sudah mencapai 70 persenan, itu maksudnya karena cepat gitu," ujar dr. Martina Yulianti.

Ia menjelaskan strategi dalam percepatan vaksinasi pihaknya berkolaborasi semua Sumber Daya Manusia dikerahkan, tidak hanya berdiri sendiri. Jadi sampai ke tingkat Desa, Camat yang mengkoordinir. Kemudian nanti Kapolsek, Danramil berkolaborasi, nanti nakesnya dari Puskesmas.

Lanjutnya begitu juga yang ada di Tenggarong. Tidak hanya di Puskesmas saja, tapi juga membuka pelayanan vaksin di luar gedung seperti di sekolah, lapangan, pasar.

"Dan sekarang sudah diadakan di Masjid setelah tarawih. Jadi kita berkolaborasi, antara Pemda, TNI dan Polri. Sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Kalau Dinkes kan ada vaksin dan tenaga kesehatannya." jelasnya.

"Kami menghimbau bahwa MUI sudah mengeluarkan statement bahwa tidak masalah, boleh saja vaksin di bulan ramadhan tidak ada larangan. Gak perlu takut. Intinya ya kalau belum dosis dua datang ke gerai-gerai, untuk booster juga." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top