• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Untuk pertama kalinya Pasar Ramadhan diselenggarakan pada bulan Puasa 1443 Hijriah tahun 2022, kerjasama Pengurus Masjid Agung dengan Ikatan Remaja Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong dihalaman Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong dengan mengusung tema "Meraih Berkah dibulan Suci Ramadhan".

Panitia penyelenggara Pasar Ramadhan Rahmat mengatakan kegiatan ini merupakan yang pertamanya digelar di Masjid Agung Sultan Sulaiman. Kegiatan ini bekerjasama dengan sejumlah pihak diantaranya Daeler Astra Honda, Bankaltimtara, serta Bank Syariah Indonesia.

"Kami dari panitia menyediakan 25 stand/tenda, terdiri 20 tenda ukuran 3x3 meter dan 5 tenda ukuran 5 x 5 meter. Untuk biaya sewa tenda selama 1 bulan Suci Ramadhan tenda kuran 3x3 meter sebesar Rp. 600.000, ukuran 5 x 5 meter Rp. 1.000.000 dilengkapi dengan fasilitas terminal listrik," kata Rahmat yang juga selalu Ketua Irma Masji Agung kepada KutaiRaya.com Selasa (29/3/2022).

Rahmat menyebut sampai saat ini stand ukuran 5 x 5 saat ini sudah habis dan stan ukuran 3x3 baru 10 tenda. Untuk pedagang kebanyakan berasal dari Tenggarong dan Tenggarong Seberang yang menjual takjil, makanan, sampai pakaian.

Ia menjelaskan untuk pelaksanaannya nanti pedagang akan difokuskan di halaman Masjid dan yang diluar Masjid akan disterilkan untuk parkir mobil maupun motor yang akan berbelanja ke Pasar Ramadhan.

"Kami sudah meminta ijin kepada pedagang di luar Masjid seperti didepan dan disamping untuk satu bulan ini akan dijadikan tempat parkir."ujarnya.

Sementara untuk parkir pihaknya sudah konsultasi dengan Dinas Bapenda untuk pemungutan retribusi parkir.

"Dan kami disarankan untuk membuat karcis. Tujuannya nanti dari hasil parkir itu 10 % akan di setoran untuk PAD." jelasnya.

Ia menambahkan kegiatan ini sudah mendapat dukungan dari pak Bupati Kukar Edi Damansyah selaku Ketua Satgas Covid-19 untuk dilaksanakan di Masjid Agung. Sementara itu untuk waktu jualan mulai jam 2 siang. Nantinya setiap hari akan ada Hiburan Musik dan live Akustik Setiap akhir pekan. (*dri)

Pasang Iklan
Top