• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala DPMD Kukar Arianto)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Salah satu pejabat Tinggi Pratama yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Kukar Edi Damansyah Senin (28/3/2022) kemarin, yakni Arianto kini menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD).

Tentu banyak pekerjaan yang harus dilaksanakan Arianto agar kedepan DPMD kukar menjadi lebih baik, salah satunya melakukan percepatan pembangunan Desa.

Arianto mengatakan, target kita pertama akan bersama-sama dengan Kepala Desa untuk melakukan percepatan pembangunan Desa di Kukar sesuai dengan regulasi dan target yang sudah ditetapkan.

"Jadi kita di Kabupaten selaku kordinator atau pembina Desa akan melakukan sosialisasi yang baik, tentunya kerjasama dengan Kepala Desa itu yang kita harapkan," ungkapnya.

Jadi lanjut Arianto, setiap Desa kita akan sama-sama melakukan percepatan, tugas utama pertamakan pada September mendatang akan ada pemilihan Kepala Desa serentak di 86 Desa di Kukar, kemudian kita mengawal bagaimana program bantuan 50 juta per RT, baik di Desa maupun Kelurahan dan program lainnya akan kita percepat untuk dilaksanakan.

"Kendala selama ini kordinasi yang kurang berjalan dengan baik sehingga ada komunikasi yang putus sehingga sekarang kita masih temukan ada Desa-desa belum menetapkan APBDesnya kemudian masih terhambatnya pencairan ADD ataupun DD, ini yang akan kita lakukan kordinasi dan komunikasi yang baik sehingga nanti jadwal tahapan untuk penetapan APBD sesuai dengan tahapannya," terangnya.

Selain itu Arianto mengaku, pihaknya juga akan lakukan percepatan terhadap BUMDes yang dimiliki setiap Desa yakni pendaftaran sesuai ketentuan.

"Karena BUMDes ini selain harus didaftarkan juga harus bersertifikat dan mengembangkan usahanya, terakhir kita juga lakukan kemitraan dengan dunia usaha lainnya agar BUMDes ini bisa lebih profesional," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top