• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono membuka Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) tentang Pengelolaan Keuangan Secara Digital.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin, bertempat di Hotel Grand Elty Singgahsana Tenggarong Sabtu (12/3/2022) pagi.

Pelatihan DEA ini berlangsung selama dua hari 12-13 Maret yang diikuti 70 peserta yang berasal dari pelaku UMKM di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Tujuan dari kegiatan ini untuk membantu para pelaku UMKM dapat melakukan pengelolaan keuangan secara digital, melakukan ekspor, dan dapat melakukan pemasaran melalui media daring.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kementrian Kominfo dan juga BPSDMP Kominfo Banjarmasin selaku inisiator yang memberikan kesempatan kepada masyarakat Kukar untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini." kata Wiyono Asisten II Setkab Kukar.

Ia mengatakan kegiatan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini nantinya akan semakin banyak pengusaha daerah yang mahir memanfaatkan teknologi digital sehingga mampu bersaing secara global.

"Target pelatihan ini ada 1500 orang dan hari ini baru 70, oleh karena itu dalam kesempatan ini pemkab Kukar berharap kedepanya pelatihan ini bisa lebih banyak lagi dan coba kita setting untuk melakukan pelatihan ke beberapa titik di beberapa kecamatan." ujarnya.

Ia menambahkan setelah kegiatan Digital Entrepreneurship Academy ini, dalam waktu dekat pemkab Kukar akan segera koordinasikan untuk pelaksanaan kelas-kelas lainnya yang menyasar ASN, calon tenaga kerja lulusan Sekolah Kejuruan dan Universitas, tenaga pendidik, serta komunitas-komunitas yang ada di Kutai Kartanegara sesuai dengan target yang tercantum pada Nota Kesepakatan.

Sementara itu Panitia Pelaksana Pelatihan Syarifudin mengatakan kegiatan ini diikuti 70 orang peserta yang berasal dari pelaku UMKM di Kabupaten Kukar, sebanyak 70 peserta yang dibagi menjadi dua kelas masing-masing kelas 35 peserta. Dalam kegiatan ini proses pembelajaran akan disampaikan narasumber berupa praktik, dan simulasi peserta.

"Untuk narasumner kami menghadirkan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Yohanes Bolens dan Khairul Anwar, dimana mereka sudah mengikuti Training Of Trainer (ToT) yang dilakukan oleh Kementrian Kominfo." pungkasnya.

Diketahui bahwa pembukaan pelatihan DEA ini turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kukar Dafip Hariyanto, Kepala Dinas Koperasi dan UKM H Tajudin. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top