• Kamis, 18 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ika Pakarti) Kabupaten Kutai Kartanegara, mengelar Musyawarah Daerah (Musda) yang ke IV yang dilangsungkan di Pendopo Bupati Kukar, Minggu (6/3/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, turut dihadiri Sekda Kukar Sunggono, Ketua Umum DPD Ika Pakarti Kaltim Rusmadi Wongso, Sekertaris DPD Ika Pakerti Kaltim Muhammad Samsun, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, Wakil Ketua DPRD Didi Agung Cahyono, Forkompimda Kukar, serta peserta Musda.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada warga masyarakat Kukar yang berasal dari tanah Jawa yang terhimpun didalam Ika Pakarti Kabupaten Kukar, yang sudah memberikan kontribusi bersama dengan komponen masyarakat yang ada di Kukar.

"Kontribusi yang diberikan berkaitan bagaimana kita menjaga keamanan dan ketentraman wilayah Kabupaten Kukar. Dan alhamdulilah pada saat ini kondusifitas Kabupaten Kukar tetap terjaga, ini tidak terlepas dari salah satu peran kontribusi warga masyarakat yang berasal dari tanah Jawi yang terhimpun didalam IKA Pakarti. " ungkap Edi.

Lanjutnya, untuk itu dia berharap momentum silaturahim ini bertepatan musyawarah untuk kepengurusan IKA Pakarti Kabupaten Kukar, momentum ini harus terus memperkuat kebersamaan, karena dengan aman dan tertib aktivitas masyarakat tetap bisa terlaksana dengan baik.

Dikatakan Edi, keberadaan Ika Pakarti juga memberikan kontribusi bagaimana menjaga tradisi seni budaya khususnya yang berasal dari tanah Jawa, yang juga sudah menjadi aset di kabupaten Kukar.

Untuk diketahui bersama setiap tahun itu ada ulang tahun desa, semua bagian dari persembahan baik dari jajaran pemerintahan Desa yang mewadahi paguyuban-paguyuban untuk menjadi rukun dan guyub.

"Kami berharap dalam Musda ini terus semangat tekat guyupnya jangan sampai retak dengan kepentingan individu. Jadikan forum musyawarah ini untuk memperkuat kerukunan," ujarnya.

Edi juga berharap mudah-mudahan melalui Musda yang ke IV ini dan kepengurusannya juga bisa disepakati dengan baik. Dan nanti bisa menjadi mitra Pemkab Kukar yang lebih baik dan bisa berkembang lagi tidak hanya menjaga seni tradisi budaya yang dari tanah Jawa yang akan menjadi aset di kabupaten Kukar.

Tapi lebih dari itu, bagaimana Ika Pakarti juga bisa berperan bersama untuk mengedukasi masyarakat, terus memberikan dorongan motivasi.

"Saya menyampaikan harapan semoga melalui Musda ini bisa disepakati pengurus yang berkomitmen, beritegritas bagaimana pengurus organisasi ini sampai warga-warga ditingkat bawah sehingga betul-betul dirasakan dan juga kami berharap bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten Kukar," terangnya.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana Muhammad Dahlan mengatakan Musda ke IV Ika Pakerti Kabupaten Kukar diselenggarakan dalam rangka amanah AD/ART Ika Pakarti yang pada saat ini agenda musda adalah agenda tunggal yaitu pemilihan Ketua DPD IKA Pakarti Kabupaten Kukar periode tahun 2022-2027.

"Peserta yang mengikuti Musda ini ada 24 paguyuban kedaerahan, 5 paguyuban seni, dan 5 dewan pimpinan cabang IKA Pakarti yang ada di Kukar," tutup Dahlan. (*dri)

Pasang Iklan
Top