• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Hetifah

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) di disarankan bisa membuka program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang belum ada di perguruan tinggi di Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian saat berkunjung ke Unikarta Kamis (3/3/2022) lalu.

Hetifah mengatakan dalam menyambut Ibu Kota Negara (IKN), bukan tidak mungkin Unikarta bisa membuka prodi-prodi baru keilmuan yang kedepan diperlukan.

"Saya telah berdiskusi dengan Rektor Unikarta soal program studi baru yang berbasis digital atau desain visual yang di Kaltim belum ada, kita bisa nanti di Unikarta buka prodi itu karena kedepan itu dibutuhkan." kata Hetifah kepada KutaiRaya.com Kamis (3/3/2022).

Dirinya berharap mudah-mudahan Unikarta bisa maju sebagai perguruan tinggi terkemuka di Kaltim tapi juga secara nasional. Karena nanti IKN pusatnya ada di Kalimantan Timur.

Sementara itu Rektor Unikarta Prof Dr Ir Ince Raden mengatakan ada saran dari ibu Hetifah untuk membuka prodi baru . Menyarankan Unikarta agar segera membuka prodi DKV, karena beliau mempunyai program beasiswa DKV itu untuk program S2 di Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Dan saya juga mengharapkan jika sudah ada alumni DKV yang dikuliahkan di ITB yang sudah selesai S2 nya kami harap bisa mengabdi di Unikarta sehingga kita bisa membuka prodi tersebut. Karena untuk membuka prodi DKV butuh paling tidak lima dosen yang memiliki spesifikasi S2 dan kita belum punya. " ucapnya.

Jadi lanjut dia, kalau mau mensuport Unikarta agar bisa buka prodi DKV dan itu sangat-sangat diperlukan masa yang akan datang, karena terkait pengembangan digitalisasi melalui proses komunikasi.

"Yang jelas ibu Hetifah ini adalah salah satu anggota DPR dan sekaligus wakil komisi X yang membidangi bidang pendidikan. Nah tentunya harapan-harapan kita terkait perkembangan Unikarta kedepan memang kami menitipkan beberapa hal, apakah itu terkait dengan program studi baru maupun pengembangan Unikarta kedepan." jelasnya.

"Kami mencoba untuk mengajak semua pihak agar supaya harapan-harapan Unikarta itu bisa terkonekkan ke mana-mana termasuk ke Komisi X DPR RI." sambung Prof Ince.

Dikatakanya, selain itu juga tidak hanya di aspek fisik tapi di aspek-aspek Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait dengan beasiswa, kemudian terkait peningkatan dosen yang melanjutkan pendidikan di tingkat Doktoral. Dan ibu Hetifah mengapresiasi hal tersebut.

"Mudah-mudahan ini menjadi pintu masuk kita untuk bisa mengkomunikasikan untuk pengembangan Unikarta kedepan." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top