• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr Ir Hetifah Sjaifudian melakukan kunjungan kerja ke Kampus Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) sekaligus memberikan bantuan berupa peralatan TIK sebagai pendukung Smart Classroom di Unikarta, Kamis (3/3/2022) pagi.

Bantuan tersebut berasal dari Program Kompetisi Kampus Merdeka, yang diterima aecara langsung oleh Rektor Unikarta Prof Dr Ir Ince Raden dan turut disaksikan Ketua Yayasan Unikarta Agus Setiyawan, dan mantan Rektor Erwinsyah. Hetifah menyampaikan rasa bangga bisa berkunjung ke Unikarta.

"Saya bangga pada Unikarta sebagai salah satu perguruan tinggi di Kaltim. Yang dengan konteks Ibu Kota Negara (IKN), ini menjadi salah satu unggulan. Memang harus disupport, diberdayakan. Jadi jangan sampai berpikir mau memindahkan perguruan tinggi internasional kesini, atau membangun perguruan tinggi dari Jawa, cabangnya disini aja."ungkap Hetifah kepada KutaiRaya.com.

Menurut Hetifah kunci menyambut IKN yaitu dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Unikarta sebagai pabriknya. Karena tidak mungkin IKN sukses kalau SDM di Kukar tidak siap.

"Sekarang teknologi sudah modern, semua berbasis teknologi. Jadi dari awal anak-anak diberi kesempatan untuk bisa belajar sendiri. Jadi bukan model pembelajaran yang kuno, ataupun konvensional. Baik kampus maupun sekolah-sekolah di Kaltim ini diharapkan mulai mengarah kesana. Tapi tentu harus disupport dengan berbagai kebijakan yang lebih kondusif untuk mereka." jelasnya.

Ia menyebut dengan status Unikarta sebagai salah satu perguruan tinggi di Kaltim harus membutuhkan suntikan, mulai dari sarana prasarananya, peningkatan kapasitas tenaga pendidiknya. Juga kesempatan lain misalnya seperti program kampus merdeka untuk mahasiswa bisa magang di berbagai tempat. Nanti dia bisa kembali kesini dengan wawasan yang baru.

"Dan semoga permasalahan di Unikarta yang masih menjadi hambatan untuk berkembang nanti, harus dicarikan jalan keluarnya. Misalnya mungkin ada sebagian mahasiswa yang membutuhkan dukungan beasiswa. Ataupun nanti kesempatan yang lebih luas anak-anak Kaltim dari daerah lain kuliah disini, itu harus ditambah." terangnya.

Sementara itu Rektor Unikarta Prof Dr Ir Ince Raden menyampaikan setelah mendapat kunjungan dari Anggota DPR RI berharap Kampus Unikarta ini semakin maju kedepan, tentunya dengan program-program studi yang memang saat ini sangat diperlukan untuk pengembangan kedepan.

Oleh karena itu lanjutannya kolaborasi, sinergisitas dari semua stakeholder baik itu di Kabupaten, Provinsi bahkan di pusat, itu harus dibangun dengan baik. Karena konektivitas ini sangat diperlukan untuk membawa kampus maupun SDM di Kaltim semakin maju dan berkembang.

"Dimana Kukar akan menghadapi IKN, jadi harus diperaiapkan SDMnya secara baik dan matang. Untuk mempersiapkan itu diperlukan kolaborasi dari semua pihak dan komunikasi. Sehingga kebutuhan-kebutuhan SDM kedepan itu bisa disediakan oleh Kukar khususnya, dan Kaltim secara umum." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top