• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan Kaltim, H. Nanang Sulaiman yang akrab disapa Abah Nanang, menjalani masa reses di Kaltim.

Salah satu aktivitas reses yang dilakukan Selasa (22/2/2022) pagi tadi adalah bertemu Komunitas Bikers Subuhan Samarinda. Usai salat subuh berjamaah di Masjid Al Ma’ruf Samarinda, para anggota komunitas ini diajak diskusi santai sembari menikmati sarapan nasi kuning di kawasan Jalan Dr Sutomo Samarinda.

Abah Nanang menyebutkan, sangat salut dan kagum dengan komunitas anak motor yang arahnya positif.

"Saya mendukung komunitas ini. Mereka sering subuh di masjid-masjid yang ada di Samarinda. Setiap ada pengajian, mereka juga selalu mengawal dan mendampingi para ustaz,” sebutnya.

Kegiatan lain, kata Abah Nanang, juga sering membersihkan masjid menjelang Ramadan. "Mana masjid yang perlu bantuan, mereka dengan senang hati langsung turun," sebutnya.

Tentu saja, kata dia, apa yang dilakukan bermanfaat bagi banyak orang."Ketimbang malam begadang tidak jelas, lebih baik seperti mereka, subuhan ke masjid," sambungnya.

Ia berharap, komunitas anak muda lainnya bisa melakukan hal yang sama."Komunitas ini positif sekali. Anak muda lainnya bisa mengikuti jejak mereka," sambungnya.

Lukman, Ketua Bikers Subuhan Samarinda menyampaikan, komunitas ini sudah berdiri sejak 4 tahun lalu. "Awalnya ini adalah anak motor yang sering ngumpul begadang," ujarnya.

Hingga pada akhirnya ada yang mengusulkan agar aktivitas mereka bisa diarahkan ke kegiatan lebih positif. "Akhirnya kami sama-sama sepakat untuk kegiatan subuhan," katanya.

Dikatakan, anggota komunitas ini tercatat 200-an orang. "Yang aktif aktif 50-an orang. Kalau hari biasa, 20 sampai 30-an," sebutnya. Khusus malam Minggu, yang aktif biasanya lebih banyak.

Selain agenda rutin subuhan, aktivitas lain yang rutin dilakukan adalah donasi nasi Jumat, hingga perbaikan masjid. "Jika ada bencana alam seperti banjir atau lainnya, juga ada tim yang ikut turun membantu," tuturnya.

Aktivitas lain yang juga dilakukan adalah mengajak anak yatim serta lansia kurang mampu untuk makan di restoran di mal. "Agar mereka juga bisa merasakan di restoran,” ungkapnya.

Lalu, kegiatan apa lagi yang akan dilakukan?"Kami saat ini sedang merencanakan memberikan voucher BBM gratis untuk warga yang pergi salat subuh ke masjid," tuturnya.

Harapannya, agenda tersebut bisa segera terlaksana, untuk memberikan penghargaan pada warga terutama anak muda yang salat subuh berjamaah di masjid. (kr)

Pasang Iklan
Top