• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Varian Omicron sudah terdeteksi di Kutai Kartanegara.

Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti mengatakan, hal ini berdasarkan hasil SGTF tertanggal 10 Februari 2022 yang dilakukan terhadap 17 spesimen pasien yang terkonfirmasi positif dari Kutai Kartanegara. Hasilnya 16 orang adalah probable omicron.

"Dengan demikian, jelas sudah bahwa varian ini sudah terdeteksi di Kutai Kartanegara dan telah terjadi penularan atau transmisi lokal," ungkap Martina.

Martina menjelaskan, SGTF merupakan teknologi yang dipakai sebagai deteksi dini varian. Sistem SGTF ini adalah RNA yang mampu melalukan pemeriksaan probable Omicron.

"Untuk dapat melakukan pemeriksaan ini, kita mengirim spesimen ke Litbangkes Kementrian Kesehatan," terangnya.

Varian Omicron ini dikatakan Martina, menular 5 kali lebih cepat di banding varian delta dan menurunkan efektifitas vaksin hingga 50%, oleh karena itu segera lengkapi dosis vaksinasinya, dan harus sampai booster atau dosis 3.

Martina mengimbau kepada masyarakat Kukar, untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dilingkungan masing-masing untuk menjaga populasi rentan.

"Populasi rentan yakni lansia dan anak-anak di bawah 12 tahun, maka kami juga mengajak para lansia dan anak-anak segera melakukan vaksin," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top