• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar Sya'rani


TENGGARONG, (KuyaiRaya.com) Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Kartanegara terus melakukan pembinaan terhadap petani, melalui penyuluh pertanian yang menjadi ujung tombak mengembangkan pertanian.

Peran penyuluh pertanian sangat vital mengingat tugasnya memecahkan persoalan di Kelompok Petani (Poktan) dengan tujuan peningkatan hasil produksi.

Sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar Sya'rani mengungkapkan pembinaan ini sifatnya petani harus ikut dalam kelompok, sehingga dalam pembinaanya lebih mudah dan efektif. Pembinaan ini terus dilakukan sebulan sekali melalui penyuluh pertanian.

"Penyuluh pertanian saat ini di Kukar ada sebanyak 161 orang yang tersebar di 18 kecamatan. Mereka terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K)." kata Sya'rani kepada KuyaiRaya.com belum lama ini.

Lanjutnya dari jumlah penyuluh itu masih sangat terbatas. Idealnya satu penyuluh itu membina 10 sampai 12 kelompok tani. Meski begitu pihaknya telah membentuk penyuluh swadaya sebanyak 90 orang penyuluh yang nantinya akan membantu tugas penyuluh pertanian ini.

"Mudah-mudahan dengan adanya penyuluh swadaya ini bisa membantu kesenjangan dari kurangnya penyuluh pertanian." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top