• Kamis, 07 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Open Turnamen Duathlon Kukar 2022 yang dilaksanakan di Komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pengurus Kabupaten (Pengkab) Federasi Triathlon Indonesia Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Open Turnamen Duathlon Kukar 2022, dikawasan komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Minggu (30/1/2022) pagi.

Kejuaraan ini diikuti 70 peserta yang berasal dari Bontang, Balikpapan, Samarinda, Berau, Lampung, Makasar, Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dispora Kukar Fida Hurasani, turut dihadiri Ketua Koni Kukar Rahman Skom, dan seluruh jajaran pengurus Pengkab Triathlon Kukar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora0 Kukar Fida Hurasani menyampaikan apresiasi dan mendukung adanya kejuaraan ini.

"Dengan adanya kegiatan ini dari segi promosi tempat, dari semangat kita untuk menyiapkan tempat juga berdampak kepada perawatan areal stadion." bebernya.

Afe sapaan akrabnya menuturkan kejuaraan ini diadakan untuk ketiga kalinya selama ada cabor Triathlon dan dari ketiga kejuaraan kali ini yang dilaksanakan secara open.

Artinya lanjut Afe ini satu langkah baik untuk mengembangkan atau mempromosikan olahraga Triathlon di Kukar, karena olahraga ini memerlukan fisik dan stamina yang super, biasanya kejuaran ini digabung ada sepeda, lari dan renang.

"Nanti kedepan kita akan carikan lokasi renangnya, agar memenuhi standar kriteria dari cabor ini. Harapannya kedepan kita minta KONI maupun cabornya untuk membuat kalender tetapnya agar ini bisa kita kembangkan."pungkasnya.

Sementara Ketua KONI Kukar Rahman mengungkapkan kegiatan ini sangat positif, Kejuaraan ini dilaksanakan oleh Triathlon dana diharapkan nantinya bisa menumbuhkembangkan olahraga di Kabupaten Kukar . Tujuannya adalah untuk menyeleksi atlit yang akan mengikuti Poprov 2022 di Berau.

"Mudah-mudahan acara ini bisa mendapatkan atlet-atlet yang bisa membela nama Kukar di Poprov nanti." ujarnya.

Ia menyebut kejuaraan ini diadakan untuk ketiga kalinya di Kukar. Karena cabor ini baru, jadi harus disosialisasikan kepada para atlit atau pemula pecinta olahraga.

"Target kita Kejuaraan di Poprov nanti minimal mendapat 2 mendali emas. semoga tercapai karena ini cabor baru jadi saya tidak menargetkan tinggi-tinggi mendalinya." ucapnya.

Dirinya berharap cabor ini bisa berkembang dan bisa menjadi olahraga masyarakat seperti sepak bola dan bola voli.

Sekertaris FTI Kukar Zamil Karim yang juga selaku Ketua panitia pelaksana mengatakan Kejuaraan Duathlon ini adalah dalam rangka untuk menyambut Kejuaraan Poprov di Berau tahun 2022, kejuaraan ini adalah Cabor pertama kali yang akan dipertandingkan di Berau.

"Pada even open ini ada 5 kelas yang dipertandingkan diantaranya, Men junior umur 20 tahun kebawah, Men senior 20 tahun keatas, men master 35 tahun keatas, women open bebas umur, dan mix relay (men, women, men)." kata Zamil kepada KutaiRaya.com. (*dri)

Pasang Iklan
Top