• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua I DPRD Kukar Alif Turiadi)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wakil Ketua I DPRD Kukar Alif Turiadi menyambut baik kepengurusan Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Kutai Kartanegara yang baru dilantik, Senin (17/1/2022) kemarin.

Menurut politisi Gerindra ini, Pemkab dan DPRD Kukar tentu sangat mengapresiasi keberadaan asosiasi PABPDSI ini, dan dirinya berharap kepada seluruh pengurus yang baru dilantik ini nantinya akan memberikan kontribusi kepada Pemkab Kukar, dan ini yang terpenting.

"Bahwa pilar-pilar pemerintahan kita ini juga terdiri dari perangkat Desa, aparatur Desa dan sekaligus BPD yang sekarang ini dilantik, dan semoga pengurus baru ini menjadi energi baru untuk saling mengontrol fungsi di Desa dan yang ada di Desa," harap Alif Turiadi.

Alif mengatakan, sebagaimana kita pahami bersama, Badan Permusyawaratan Desa atau BPD adalah lembaga yang melakukan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

"Ketentuan yang berlaku saat ini telah menjamin adanya keterwakilan perempuan selain keterwakilan wilayah di dalam keanggotaan BPD yang mewakili dan menjembatani aspirasi perempuan di dalam mengawal kebijakan Pemerintahan Desa, agar berpihak pada kepentingan kaum perempuan di Desa," ungkapnya.

Ia mengaku, BPD juga turut membahas dan menyepakati berbagai kebijakan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, melalui Musyawarah Desa. Musyawarah Desa diselenggarakan oleh BPD untuk memusyawarahkan dan menyepakati hal yang bersifat strategis di Desa.

"Hasil Musyawarah Desa dalam bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam keputusan hasil musyawarah dijadikan dasar oleh BPD dan Pemerintah Desa dalam menetapkan kebijakan Pemerintahan Desa. Hal ini merupakan salah satu esensi keberadaan BPD sebagaimana amanat Undang-undang Desa," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top