• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



FgD SDGs Kukar Dalam Pencapaian Pembangunan Daerah Berkelanjutan

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Forum Pemuda
Sustainable Development Goal's ( SDGs ) Kutai Kartanegara menggelar Forum Group Discussion ( FGD ) dengan tema "Kontribusi Dunia Pertambangan Kukar Dalam Pencapaian SDGs 2030"bertempat di Gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, Sabtu (15/01/22) pagi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Kukar H Sunggono, turut dihadiri Rektor Unikarta Prof Drs Ir Ince Raden, Ketua Kadin Kukar Aulia Rahman Basri, Superintendent Comdev PT MHU Muslim Gunawan, Ketua DPD KNPI Kukar Eko Wulandanu, perwakilan manajemen perusahaan yang beraktivitas di wilayah Kukar, serta Akademisi.

Sekda Kukar H Sunggono mengapresiasi forum pemuda SDGs Kukar yang telah menginisiasi terselenggara kegiatan tersebut, bahwa menjadi bukti kongkrit keikutsertaan para pemuda Kukar dalam memberikan sumbangsih pemikiran permasalahan pembangunan dalam perspektif pencapaian SDGs. 

 
"Hal ini menjadi gambaran bahwa pemuda-pemuda di Kabupaten Kukar telah hadir dan memberikan sumbangsih pemikiran, tenaga dan waktu untuk kemajuan Kukar yang lebih baik," kata Sunggono.

Ia mengatakan pencapaian SDGs di Kukar masih mengalami masalah yang cukup serius terkait dengan kemiskinan, dimana tingkat kemiskinan di Kukar berdasarkan data BPS pada tahun 2020 mengalami peningkatan menjadi 7,3 persen, yang mana sebelumnya berada pada angka 7,2 persen.

"Salah satu indikator penyebabnya dikarenakan melemahnya kegiatan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus covid-19. namun hal tersebut sangatlah ironi mengingat struktur ekonomi Kukar dikuasai oleh pertambangan dengan penggalian sebesar 63,26 persen." terangnya.

Lanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar dalam periode pembangunan 2021-2026 telah merumuskan beberapa program pengentasan kemiskinan berbasis potensi, wilayah maupun sektoral yang mengarah pada perbaikan taraf hidup masyarakat yang lebih layak.

"Kami berharap berdasarkan atas kebijakan tersebut kedepan secara kumulatif ditargetkan tingkat kemiskinan di Kutai Kartanegara pada tahun 2026 turun menjadi 6,35 persen." ujarnya

Sementara itu Ketua Forum Pemuda SDGs Kukar Aspin Anwar mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut guna memberikan pemahaman terhadap komunitas, kepemudaan terkait capaian yang telah dilakukan oleh SDGs 2030, dan guna mengetahui apa saja program yang telah ditetapkan oleh perusahaan tambang dalam SDGs pada poin satu, tiga, empat, delapan, sembilan, lima belas dan tujuh belas.

"Kegiatan ini juga bertujuan guna membantu peran Pemerintah Daerah Kabupaten Kukar dalam pencapaian pembangunan daerah yang berkelanjutan," ucapnya.

Aspin menyebut, mengingat masih dalam kondisi pandemi sehingga peserta dibatasi maksimal 60 orang, yang terdiri dari perwakilan intansi, akademisi, swasta, organisasi kepemudaan serta perwakilan kemahasiswaan. 

  (*dri)

Pasang Iklan
Top