• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Musi Rawas Utara Kunjungi Pemkab Kukar.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com)-Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menerima kunjungan Bupati Musi Rawas Utara H Devi Suhartoni beserta rombongan, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Jum'at (14/1/2022) pagi.

Kunjungan dilakukan untuk penguatan kapasitas program-program pembangunan dalam rangka mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

Kunjungan Bupati Musi Rawas disambut oleh Sekertaris Daerah Kukar H Sunggono, didampingir Asisten II Wiyono, Sekertaris Dinas Kesehatan Ismi, Kabid Disperindag Syaid Fatullah.

Sekda Kukar H Sunggono mengucapkan selamat datang dan terima kasih Kepada Bupati Musi Rawas beserta rombongan, semoga dengan kunjungan sangat penting dan berharga khususnya dalam penguatan kapasitas program-program pembangunan dalam rangka mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah Bupati Musi Rawas Utara.

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Kukar mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah di beberapa sektor khususnya di sektor pertambangan dan penggalian, kemudian di sektor pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, sektor konstruksi dan sektor industri pengolahan.

"Keempat sektor unggulan inilah yang memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam pembangunan daerah, bahkan PDRB Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi yang terbesar/peringkat pertama dalam pembentukan PDRB Provinsi Kalimantan Timur." ujarnya.

Secara umum lanjut Sunggono, perekonomian Kutai Kartanegara pada tahun 2020 turun cukup drastis mencapai Rp. 120.55 triliun dari pada tahun 2019 sebesar Rp. 126.16 triliun. Hal ini karena dampak dari pandemi covid-19.

Dikatakannya pelaksanaan APBD Kabupaten Kutai Kartanegara dari Rp. 3,617 Triliun pada tahun 2016 menjadi Rp. 4,545 Triliun pada tahun 2020. Untuk pembiayaan netto juga meningkat meskipun ada fluktuasi didalamnya akibat dinamika SILPA.

"Kami harap melalui kunjungan kerja ini, akan terlaksana dialog dan tukar pikiran antara Pemkab Kukar dan Pemkab Musi Rawas Utara. Diharapkan muncul masukan yang membangun, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan menambah penyempurnaan demi penyempurnaan pelaksanaan kebijakan yang dirasa kurang optimal," tutup Sunggono.

Sementara Bupati Musi Rawas Utara H Devi Suhartoni mengatakan, Kabupaten Musi Rawas Utara merupakan sebuah Daerah Otonomi Baru di Sumatra Selatan. Pemekaran dari kabupaten induknya yakni Kabupaten Musi Rawas.

Lanjutnya tujuan datang ke Kabupaten Kukar ingin mempelajari lebih dalam tentang bagaimana pengelolaan tambang agar menjadi sumber PAD dan DBH daerahnya, kemudian pengelolaan air bersih dimana geografis Kukar dan Musi Rawas Utara tidak jauh berbeda sama berada dipinggir sungai dan dikelilingi SDA yang belum tereksploitasi.

"Selain potensi PAD kami ingin sekali bisa berbagi ilmu dan informasi, baik itu tentang pengelolaan Dinas Perhubungan dan Rumah Sakitnya dengan Kabupaten Kukar, karena kami adalah Kabupaten termuda di Sumatera Selatan masih banyak sekali yang ingin kami pelajari demi kemajuan daerah kami." jelasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top