• Selasa, 28 Juni 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Penyerahan penghargaan bagi pegiat dan pendukung literasi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Thauhid Aprilian Noor


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Gerakan Literasi Kutai Kartanegara (GLK) mengelar Bincang Buku Karya Pernyata, yang dilaksanakan di Hotel Grand Elty Singgahsana. Kamis (13/1/2022) pagi.

Kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan penghargaan bagi pegiat dan pendukung literasi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Thauhid Aprilian Noor.

Turut hadir dalam acara itu Direktur PT RKBM Ir Masepwinarko, PT Intan Pariwara, Narasumber Syafruddin Pernyata dan Ramadhan S Pernyata.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah semakin dikenalnya para penulis lokal di daerahnya sendiri, kemudian meningkatnya referensi dan apresiasi audiens terhadap karya buku cerita berbasis lokalitas, serta meningkatnya geliat literasi daerah melalui karya penulisan dan ekspresi budaya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Thauhid Aprilian Noor mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kukar menyambut baik kegiatan dari bincang karya Pernyata. Kegiatan ini adalah langkah untuk terus menjalankan gerakan literasi di Kutai Kartanegara.

"Dengan terus berjalannya literasi tentu hal ini menjadi bagian yang ikut serta membangun SDM di daerah baik secara mandiri maupun kolaboratif." ujar Thauhid.

Ia mengungkapkan peningkatan literasi harus terus digalakan di semua lingkungan masyarakat dan menjadi isu sentral pembangunan daerah.

Lanjut dia literasi bahasa yang terdiri dari kemampuan membaca dan penulis akan terus didorong agar masyarakat khususnya kepada generasi muda gemar membaca serta menulis.

"Khusus untuk kemampuan penulis, perlu didorong penulis lokal bisa semakin berkembang, diapresiasi dan semakin banyak mengeksplorasi kekayaan budaya lokal itu sendiri." jelasnya.

Thauhid menyebut, ditengah kondisi pandemi sebenarnya adalah momen yang paling baik, karena generasi sekarang ini lebih banyak bermain di media online melalui gadget sehingga mereka akan sering membaca minimal membaca Whatsappnya sendiri atau Whatsapp grupnya.

"Tinggal konten-konten kita saja bagian dari literasi sehingga literasi baca generasi muda meningkat." Ucapnya.

Semoga kegiatan bincang karya pernyata bisa bermanfaat untuk semua. Serta mendukung untuk melaksanakan segala kegiatan melalui program sesuai profesi demi terwujudnya Kukar yang maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Alfian mengatakan, sasaran dari kegiatan adalah untuk membincangkan lebih jauh dan lebih dalam tentang buku buku terbaru karya Syafruddin Pernyata dan Ramadhan S Pernyata,

Pihaknya mengajak audiens untuk mengapresiasi karya tulis dari para penulis lokal, serta menggugah dan menginspirasi audiens untuk ikut melahirkan karya tulis yang bersumber dari kekayaan lokalitas sebagaimana yang telah dilakukan oleh para narasumber.

"Peserta pada kegiatan ini adalah para undangan, dari kalangan birokrasi pemerintahan daerah, dunia usaha dan tokoh masyarakat. Kemudian, peserta terbanyak terdiri para guru, siswa, peminat dan pegiat literasi dan masyarakat umum yang melakukan pendaftaran secara daring." ungkap Alfian.

Ia menyebutkan kegiatan ini bekerjasama secara kolaboratif dengan beberapa komunitas GLK, yaitu JMOE (Jamming Musik Odah Etam), DM Project, Eldissy Multivista, Bikin Kreativ, Pelita Kukar, FLP (Forum Lingkar Pena) Kaltim dan IGI (Ikatan Guru Indonesia) Kukar, dan Portal Berita OKE Borneo.

"Semoga kedepannya kita bisa mengelar kegiatan seperti ini, dan jangan pernah menyerah dalam dunia pendidikan, apalagi berhubungan dengan literasi." tutup Alfian. (*dri)

Pasang Iklan
Top