• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sekertaris Daerah Kutai Kartanegara H Sunggono menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kukar yang diketuai Heny Maryana, yang dirangkai Launching Aplikasi IKukar, di kantor Perpustakaan Umum Daerah Kukar, Rabu (12/1/2022).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Kaltim IPI Pandu Perdana Adi Putra, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kukar Ir H Ahyani Fadianur Diani beserta jajaran.

Sekda Kukar H Sunggono menyampaikan, ucapan selamat atas dilantiknya pengurus IPI Indonesia. Mudah-mudahan melalui ikatan Pustakawan Indonesia minat baca masyarakat semakin meningkat, karena sesungguhnya minat baca masyarakat itu sangat dipengaruhi bagaimana mereka bisa memahami esensi dari membaca.

"Himbauan kepada masyarakat bahwa perpustakaan di Kukar mempunyai tempat representatif dan nyaman untuk digunakan untuk membaca." kata Sunggono usai acara pelantikan IPI.

Sunggono juga memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar, yang telah merespon positif program DISAPA yang diinginkan oleh bupati Edi Damansyah.

"Dimana seluruh pelayanan publik kita berbasis digital dan dengan adanya E digital di perpustakaan ini mudah-mudahan meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan mengakses melalui aplikasi IKukar, jadi tidak terbatas harus datang ke perpustakaan, Karena saat ini masih dalam masa pandemi."ujarnya.

Kepala Diarpus Kukar H Ahyani Fadianur Diani mengatakan, Pelantikan pengurus IPI periode 2021-2024 merupakan awal janji dan tekat bagi pengurus untuk dapat menyisihkan waktunya dalam mengabdi kepada organisasi profesi.

Lanjutnya dan dalam pengurusan ini nanti IPI Kukar periode 2021-2024 tetap dengan kekompakan kerjasama saling membantu sehingga terlaksananya kegiatan IPI dapat terlaksana.

"Kedepan semangat regenerasi dan melaksanakan visi misi IPI dapat menyusun program dan kegiatan demi kemajuan organisasi serta para anggotanya." ucap Ahyani.

Ahyani mengungkapkan, untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi, Diarpus Kabupaten Kukar pada tanggal 1 September 2020 telah merilis perpustakaan digital IKukar. Perpustakaan digital IKukar merupakan aplikasi yang memiliki versi android dan versi windows.

"Selain diakses semartphone juga bisa diakses melalui komputer secara online, sehingga bisa dimanfaatkan tidak terbatas ruang dan waktu."katanya.

Ia menjelaskan, aplikasi IKukar merupakan sebagai fungsi Pemda Kukar melalui Diarpus, dalam memenuhi hak masyarakat untuk mendapat bahan bacaan mudah dijangkau, murah dan bermutu. Perpustakaan digital juga sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kukar ketika masa pandemi. (*dri)

Pasang Iklan
Top