• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pelatihan tata boga.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com)- Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distranker) Kutai Kartanegara (Kukar) mengelar Pembekalan Tata Boga kepada 30 orang peserta dari Forum Pedagang Pasar Malam, pembekalan ini dilaksanakan dari 8 Desember sampai 13 Desember 2021, bertempat di Kantor Kelurahan Melayu, Tenggarong. Rabu (8/12/2021) pagi.

Kasi Perluasan Kesempatan Kerja Distranker Kukar Ikhwan S Nasution mengatakan, tujuan dari pelatihan ini untuk menciptakan wirausaha baru dan menambah nilai ekonomis bagi masyarakat penganggur maupun setengah penganggur.

Ia menyebutkan, untuk peserta sendiri ada 30 orang berdasarkan usulan dari proposal yang diterima Distranker. Selain pelatihan ada juga penyerahan bantuan berupa rombong jualan, tabung gas, kompor gas satu mata, belender dan pencacah daging.

"Harapan kedepannya mudah-mudahan kegiatan ini nanti bisa berkelanjutan, bekerjasama dengan lintas OPD" ungkap Ikhwan.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI) Kukar Salmiah mengatakan, instruktur tata boga ini adalah orang-orang yang sudah bersertifikasi khusus tata boga.

"Pelatihan hari ini kita ada pembuatan ayam chicken, hari kedua ada empe-empe, hari ke tiga ada pembuatan kue binka, hari ke empat pembuatan sosis ada dua macam yaitu sosis ekonomis dengan sosis yang mahal, ada juga pembuatan cilok. Dan nanti ada bimbingan kepada peserta tentang bagaimana memakai bahan-bahan yang cocok untuk produk yang dijual. " ujarnya.

Ia menambahkan pelatihan tata boga dari PPJI untuk kelompok pasar malam baru pertama kali diadakan tapi untuk kelompok lain, kelompok UMKM sudah sering diadakan. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top