• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Kukar Hadiri Penyerahan Hibah dan Pencanangan Zona Integritas WBK dan WBBM


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menyerahkan hibah tanah kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar.

Penyerahan hibah tanah tersebut ditandai dengan penandatangan hibah oleh Bupati Edi Damansyah dilanjutkan dengan acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), di halaman Kantor BPS, Senin (6/12/2021) pagi.

Hadir dalam acara tersebut Sekda Kukar H Sunggono, Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong Darmo Wijoyo, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sukotjo, perwakilan Polres, Plt BPS Kalimantan Timur, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) serta perwakilan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Samarinda.

Bupati Kukar Edi Darmansyah mengatakan, bahwa kegiatan pada hari ini adalah penyerahan aset tanah dari pemerintahan Kabupaten Kutai kartanegara, kepada BPS sekaligus pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, ke wilayah birokrasi bersih dan melayani. Semoga yang dilakukan pemerintahan Kukar ini dapat memberikan manfaat.

Secara administrasi tanah hibah ini sudah ditandatangani pemerintahan daerah, dan tanah ini sudah dimanfaatkan oleh Kantor Statistik Kukar beserta rumah dinas.

"Kami berharap karena aset tanah ini semuanya sudah beralih ke Statistik, agar pemanfaatannya tetap dilakukan sebagaimana permohonan hibah ini," ungkap Edi.

Saat ini sambung Edi, pihaknya sedang membenahi neraca aset Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara, jadi sudah ditegaskan bahwa kebijakan berupa aset-aset yang selama ini dimanfaatkan, terutama di instansi vertikal bisa dihibahkan semua. Jadi nanti tidak ada lagi aset yang tercatat di neraca aset kabupaten tapi dimanfaatkan.

"Hal ini kami lakukan bahwa saat ini kebijakan lembaga kementerian maupun instansi pemerintah daerah juga sedang melakukan penertiban aset ini, " ujarnya.

Ia mengungkapkan terimakasih kepada kepala KPKNL Samarinda yang selama ini mendampingi pemkab Kukar berkaitan dengan aset ini.

Selain penyerahan aset, Pemerintah Kukar juga memberikan suport kepada kepala Statistik Kukar yaitu penerapan kebijakan secara nasional, berkaitan dengan zona integritas.

"Mudah-mudahan dengan semangat pencanangan zona integritas, yang berkeinginan bahwa zona ini terbangun dan bebas korupsi, serta menuju kepada birokrasi yang bersih dan melayani, bisa terwujud sesuai standar operasional prosedurnya, " terangnya.

Dan mudah-mudahan ini juga bagian yang bisa mendorong motivasi, terutama jajaran di Pemerintah Kabupaten Kukar agar unit-unit Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terus berbenah berkaitan dengan pembangunan zona integritas menuju birokrasi yang bersih dan melayani.

Sementara itu Kepala BPS Kukar Srie Sis Sugianto mengatakan, penyerahan hibah ini adalah hasil dari penyerahan pemerintahan daerah, bahwa tanah yang akan dihibahkan ini sudah dipinjam pakai oleh BPS sejak tahun 1995 yang lalu.

"Dan alhamdulillah hari ini diserahkan oleh bapak Bupati Edi Darmansyah, sehingga pencatatan barang milik negara bisa tercatat dengan rapi. Kemudian pada saat ini juga kami merangkai dengan zona integritas yang merupakan arah dari pemerintah pusat bahwa BPS harus menuju kepada WBK dan WBBM, " ungkap Srie.

Ia mengatakan bahwa zona integritas ini akan dilakukan sesuai visi BPS yaitu menyediakan data yang berkualitas menuju Indonesia maju. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top