• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti)

TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti mengatakan, saat ini prosentase cakupan vaksinasi di Kukar belum memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi anak.

Hal ini dikarenakan target dari pusat yang telah ditentukan dan Kukar sampai saat ini baru mencapai 73,7 % untuk dosis pertama.

"Dari Pemerintah sendiri untuk Vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah mulai dilaksanakan di Pulau Jawa-Bali. Untuk syarat kita di Kukar belum memenuhi, karena untuk masyarakat umum harus 80% dan lansia 60%. Sedangkan kita baru 73,7% untuk umum, terus lansia baru sekitar 56%. Jadi masih kurang," ungkap Martina kepada awak media saat dikonfirmasi, Selasa (4/1/2022).

Martina mengaku, pihaknya baru bisa mengestimasikan tercapainya target ini dalam waktu satu bulan. Dengan target 59.000 anak-anak dari umur 6 sampai 11 tahun.

"Dinkes Kukar sendiri saat ini telah mengajukan permintaan dosis vaksinasi ke Pemerintah Pusat untuk cepat mencapai target. Harapannya dalam waktu secepatnya kita bisa menyelesaikan dan mencapai target 80%. Ini supaya anak-anak sudah bisa tervaksin semua," harapnya.

Ia menambahkan, untuk vaksinasi anak akan menggunakan jenis Sinovac. Dan saat ini kami fokus mengejar target 80 persen untuk Masyarakat Umum dan 60 persen untuk Lansia.

"Sehingga vaksinasi kepada anak dapat dilakukan, karena Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang telah dilakukan. Karena bisa jadi mereka akan menjadi pembawa ke rumah, sebagai antisipasi juga. Karena urgensinya mereka juga berpotensi tertular dan membawa ke rumah," terangnya.

Martina juga menyebut, karena vaksinasi anak 6-11 tahun ini dulunya belum dapat terlaksanakan, dikarenakan uji klinisnya yang belum sampai. Kini telah sampau ke anak, dan sudah dapat vaksin.

"Tapi prioritasnya untuk dewasa dulu, makanya pemerintah membuat aturan sampai 80 persen untuk umum. Karena resiko yang tinggi pada masyarakat yang tua," tutupnya. (One) (One)

Pasang Iklan
Top