• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Foto: peresemian rumah sigap


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meresmikan Rumah Belajar Anak Siapkan generasi anak berprestasi (Sigap) yang berada di Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong. Selasa (30/11/2021) pagi.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Ketua Bunda Kukar Paud Hj Maslianawati, Program Manager Sigap Irwan Gunawan, Kepala Dinas Pendidikan Kukar Tauhid Aprilian Noor, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sutikno, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Muslik, Kepala Desa Bendang Raya Muhammadin, serta undangan lainnya.

Edi Damansyah mengatakan, bahwa di Kutai Kartanegara kedepannya akan melakukan perubahan besar bidang pendidikan, Mulai dari pendidikan usia dini. Jadi ada kerjasama dengan Tanoto Fondation ini penguatkan manajemen pendidikan. Awalnya pada tahun 2018 program Pintar itu basisnya adalah penguatan kapasitas manajemen Kepala Sekolah.

Lanjutnya, sekarang lanjut jadi pengembangan program Sigap, salah satu kegiatannya adalah rumah belajar dan posyandu, jadi basisnya penguatkan pendidikan anak usia dini dan penguatan peran posyandu.

"Untuk awal kegiatan ini kita letakkan di 9 Desa, jadi dari 9 Desa ini akan dibuat percobaan. Kalau nanti berhasil hasilnya baik, tapi saya sangat optimis," kata Edi

Ia menyebut selama ini pendidikan di Kukar itu berjalan normatif saja tidak ada inovasi, seperti yang selalu diminta, kegiatan ini harus ada konsepnya yaitu konsepsional, sistematis, dan terukur.

Kalau kegiatan ini pas di Kukar nanti Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan menerapkan kegiatan ini di setiap Desa dengan menggunakan dana APBD.

"Saya berharap untuk guru yang sudah mendapatkan pelatihan dari tim ahli Tanoto Fondation untuk bisa menjadi mentor dan saya berharap kerjasama dengan Tanoto Fondation bisa tetap berjalan," ujarnya.

Sementara itu Program Manager Sigap Irwan Gunawan mengatakan, bahwa fokus Tanoto fondation itu untuk membangun SDM melalui pendidikan. Tanoto Fondation bekerja untuk tiga kegiatan utama yaitu Siapkan generasi anak berprestasi (Sigap), Pengembangan inovasi untuk kualitas pembelajaran (Pintar), dan Transformasi edukasi untuk melahirkan masa depan (Teladan).

"Untuk sigap ini adalah pendidikan usia dini 0 sampai 6 tahun, untuk Pintar pendidikan dasar sampai menengah dan Teladan untuk pendidikan tinggi," ujarnya.

Irwan menyebutkan untuk di Kutai Kartanegara untuk Sigap ada di 3 Kecamatan antara lain, Kecamatan Tenggarong ada di Desa Bendang Raya, kemudian Kecamatan Tenggarong Seberang ada di Desa Loa Pari, Bukit Raya, Karang Tunggal dan Kecamatan Loa Kulu ada di Desa Sumber Sari, Ponoragan, Sungai Payang.

Ia mengatakan untuk di Sigap selain pihaknya memberikan pelatihan, juga memberikan bantuan buku, alat permainan edukatif, sarana protokol kesehatan. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top