• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sunggono saar buka pelatihan aplikasi satu pintu


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sekertaris Daerah Kutai Kartanegara H Sunggono menghadiri Pelatihan SIKDA Generik versi 1.4 yang diikuti 32 Puskesmas se Kukar sekaligus melaunching Aplikasi Pintu Sukses. Yang dilaksanakan mulai 24-26 November 2021, bertempat di Hotel Elti Singgahsana. Jum'at (26/11/2021) pagi.

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Dr. Hj. Padilah Mante Rupa, Pusdatin Kemenkes RI Ika Kurniasih, S.Kom, MAM, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kukar Susantrisiana, serta seluruh peserta.

Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara H Sunggono menyampaikan, apresiasi dan terima kasih sudah banyak OPD yang merespon program dedikasi Bupati Kukar. Pelatihan serta launching Pintu Sukses, penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik versi 1.4 tahun 2021.

"Dengan adanya aplikasi Sikda Generik, saat ini proses pelayanan kesehatan di 32 Puskesmas dapat dipantau secara real time baik oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, Dinas Kesehatan Provinsi dan bahkan oleh Kementerian Kesehatan," kata Sunggono.

Ia mengatakan bahwa sistem ini adalah yang pertama kali dilaunching di Kaltim.

Harapannya mudah-mudahan memberikan dampak dan manfaat yang luar biasa khususnya dalam bidang kesehatan.

"Saya mendorong kepada semua petugas Puskesmas yang telah dilatih mengenai aplikasi SIKDA Generik ini untuk mengambil kesempatan baik dalam pelatihan ini. Jadikan hal ini sebagai bagian dari peningkatan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Jangan jadikan tugas sebagai beban," ujarnya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr Martina Yulianti menyampaikan, hari ini Dinas Kesehatan Kukar melaunching aplikasi pintu sukses dan Sikda Generik .

Sikda Generik adalah aplikasi sistem pelayanan dalam gedung, yang digunakan oleh 32 puskesmas diseluruh kabupaten Kutai Kartanegara.

Kemudian pintu sukses sebuah aplikasi yang dibuat Dinas Kesehatan untuk digunakan dasboard caaian-capaian indikator kinerja, yang berguna untuk melihat indikator pembangunan kesehatan masyarakat, serta melihat program untuk mengambil keputusan.

"Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik yang merupakan aplikasi generik yang telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan bahkan telah diintegrasikan (bridging) dengan PCare BPJS, Sisrute, SISDMK, dan JKN Online" tutupnya.(adv/*dri)
(*dri/adv)

Pasang Iklan
Top