• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sayid Fathullah


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Menjelang perayaan Natal dan Pergantian Tahun Baru 2021, ketersediaan dan harga bahan pokok di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara aman dan stabil.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kukar Sayid Fhatullah,S.Sos,MM saat dikonfirmasi Kutairaya.com, Selasa (23/11/2021).
"Harga cukup stabil, dan ketersediaan bahan pokok sampai dua bulan kedepan aman," terangnya.

Lanjut dia, walaupun ada kenaikan harga, namun sifatnya sementara saja. Karena memang ada dampak hari Natal dan Tahun Baru, karena biasanya kebutuhan masyarakat yang meningkat.

Ia menyampaikan bahwa harga kebutuhan pokok saat ini masih stabil. Hanya ada beberapa komoditas yang naik sepert minyak goreng, cabai, dan telur ayam. Kenaikan harga minyak goreng disebabkan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dunia yang meningkat signifikan sebesar 52,23 persen dibanding November tahun lalu.

Sementara untuk kenaikan harga cabai disebabkan oleh mulai berkurangnya pasokan karena musim panen raya mulai memasuki fase akhir. Dan untuk kenaikan harga telur ayam merupakan koreksi harga menuju ke harga normal setelah sempat anjlok beberapa waktu yang lalu.

"Dengan kenaikan harga minyak ini membahagiakan bagi para petani sawit, harga sawit naik dan kesejahteraan petani meningkat. Tetapi pemerintah terus mengendalikan, jangan sampai kenaikan ini kebablasan " ujarnya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak panik menjelang hari-hari besar, tetap tenang , konsumsi jangan berlebih-lebihan.

"Belanjalah sesuai kebutuhan jadi bukan karena keinginan apalagi sampai menimbun bahan pokok." Katanya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top