• Kamis, 07 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana (S1) ke 37 Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademi 2021/2022 dilangsungkan di gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, Kamis (4/11/2021). Jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 243 orang,9 orang diantaranya dengan lulusan terbaik.

Rapat dipimpin langsung oleh Rektor Unikarta Erwinsyah didampingi Kepala Lembaga Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), Ketua Kopertais wilayah XI Kalimantan, Ketua Yayasan beserta jajaran pengurus, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Sekertaris dan Panitia Senat, Guru Besar Unikarta.

Hadir dalam Rapat tersebut Bupati Edi Damansyah yang diwakili Plt Asisten I Pemkab Kukar Wiyono.

Wiyono dalam kesempatan itu mengatakan, sebagai salah institusi pendidikan, perguruan tinggi tentu memiliki peran sentral sebagai pusat pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia.

Ia menyebutkan memasuki era revolusi industri 4.0 saat ini memiliki SDM yang unggul dan berdaya saing menjadi suatu keniscayaan. Untuk menyongsong pemindahan ibukota negara di daerah Kalimantan Timur.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara senantiasa berusaha memfasilitasi dan mendorong segala upaya dalam membangun, mengembangkan serta meningkatkan kualitas SDM.

"Saya menaruh kepercayaan yang besar dan harapan yang tinggi terhadap Unikarta Tenggarong, sebagai satu-satunya universitas yang ada di Kukar, untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang secara konsisten melahirkan individu-individu berketerampilan, kompetitif, profesional, mandiri dan bermoral, serta bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kemaslahatan diri, keluarga, masyarakat, bangsa dan umat manusia" paparnya.

Pihaknya juga mengharapkan kepada wisudawan/wisudawati untuk memaksimalkan potensi diri, dengan memiliki kepekaan terhadap masyarakat dan lingkungan serta mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kehidupan manusia secara luas.

Sementara Rektor Unikarta Erwinsyah mengatakan, Unikarta untuk kedua kalinya melaksanakan wisuda secara tatap muka (luring) selama pandemi covid-19. Setelah wisuda pertama pada bulan April 2021 dengan prokes yang ketat. Wisuda tahun ini menghadirkan orang tua dengan menyaksikan putri putrinya secara virtual di Gedung Putri Karang Malenu.

Wisuda tahun Akademi 2021/2022 ini diikuti oleh 243 orang wisudawan wisudawati yang terdiri dari 7 fakultas dan masing-masing program studi meliputi, Fakultas manajemen dan bisnis sebanyak 63 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan politik 34 orang, Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris 18 orang dan Teknologi Pendidikan 17 orang, Fakultas Pendidikan Agama Islam 31 orang, Fakultas Pertanian Agroteknologi 9 orang dan Agribisnis 4 orang, Fakultas Hukum 56 orang, Fakultas Teknik Pertambangan 11 orang.

"Ada 9 wisudawan wisudawati dengan lulusan terbaik dari masing-masing program studi yaitu Norhawati, Novia, Sartika, Masni Qurnia, Halimah Tusaddiah, Eko Susilo, Taufikur Rohman, Lukman, dan Hermanto."katanya.

Erwinsyah mengatakan, sangat senang karena wisuda kali ini Unikarta mendapat predikat baik sekali. Tapi momennya bukan yang tahun lalu tidak baik, yang ini juga baik.

"Wisuda tahun Akademi 2021/2022 ini ada momen surprise ditambah dengan kedatangan ketua LLDIKTI, selama wisuda kan beliau tidak pernah datang baru wisuda tahun ini bisa hadir, dua momen ini merupakan momen yang luar biasa ditambah dengan adanya MOU yang kita bangun," kata Erwinsyah.

Ia menyebutkan, karena mereka telah menyandang gelar sarjana, maka mereka harus memaknai hal itu. Sekarang sudah masuk kelompok-kelompok sosial masyarakat, mudah-mudahan mereka mampu mewarnai kelompok sosial masyarakat, dan bertanggung jawab terhadap gelar yang disandangnya.

"Dan saya harapkan bisa lebih bermanfaat lagi, Lulusan Unikarta harus mampu membuka lapangan pekerjaan. Jadi bukan menjadi pengikut atau sebagai karyawan dan sebagainya," terangnya.

"Harapan kita ini sesuai dengan konsep menteri, ‚Äčkampus merdeka dan medeka belajar, dimana kampus kita nanti mampu mewarnai terutama di dunia usaha yang ada di Kukar," tutup Erwinsyah. (*dri)

Pasang Iklan
Top