• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Foto: pelatihan Disnakertran Kukar

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutai Kartanegara memberikan pelatihan kompetensi kepada para pencari kerja yang belum memiliki skill, di LPK PT Equipment Reliability Management (ERM) Balikpapan.

"Saat ini ada kesenjangan antara formasi yang dibutuhkan dengan kesiapan pencari kerja tidak nyambung, kebanyakan pekerja yang mendaftar itu adalah pekerja non skill. Sementara perusahaan mencari pekerja yang sudah memiliki skill dengan sertifikasi bahkan dengan pengalaman kerja" ungkap Kepala Bidang PHI, Syaker Dan Jam Sostek Disnakertrans Kukar Drs Syukur Eko Budi Santoso kebada media Senin (1/11/2021) lalu.

Lanjut Ia kalau Bupati Kukar Edi Damansyah sudah meminta kepada perusahaan untuk memberikan kebijakan, jangan terlalu memberatkan persyaratan di pengalaman kerja. Karena pekerja ini pemula gaimana mau ada pengalaman sedangkan belum pernah bekerja.

"Syukur-syukur perusahaan bisa merekrut anak yang baru lulus SMA diseleksi dan dilatih kemudian dimagangkan sehingga mendapatkan sertifikasi dan kompetensi" ujarnya.

Sementara bagi pekerja yang non skill itu jobnya terbatas, sedangkan perusahaan saat ini mencari pekerja seperti operator HRD, mekanik alat berat, ahli las dalam laut.

Ia menambahkan bahwa Distransnaker dalam bulan ini melaksanakan pelatihan mekanik alat berat. Distransnaker bekerjasama dengan LPK PT Equipment Reliability Management (ERM) Balikpapan, ada sekitar 15 orang yang ikut pelatihan untuk yang belum mempunyai skill.

"Pelatihan tersebut bertujuan agar mereka nanti menjadi mekanik alat berat untuk mendapatkan sertifikasi, sehingga nanti bisa untuk mengisi lowongan kerja yang dibutuhkan perusahaan" ujarnya

"Kami berharap mudah-mudahan para pencari kerja segera mendapatkan pekerjaan dan bagi mereka yang saat ini belum melaporkan sebagai pencari kerja bisa segera lapor ke Disnakertrans agar masuk dalam daftar pencri kerja sehingga kalau ada informasi kerja akan diberitahu." tutup Eko. (*dri)

Pasang Iklan
Top