• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Disdikbud Kukar menggelar kegiatan Digital Literasi di Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Dalam rangka memperingati bulan bahasa, sumpah pemuda dan Hari Guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar melalui Kukar Pintar, menyelenggarakan program Kukar Pintar Mengabdi dengan agenda Literasi Digital, di Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, pada 30 sampai 31 Oktober 2021.

Kasi Kurikulum dan Pengembangan Mutu SMP Disdikbud Kukar sekaligus koordinator Kukar Pintar Emy Rosana Saleh mengatakan, program ini kita berikan bukan hanya jenjang SMP tapi juga untuk masyarakat secara umum, yakni pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi RT dalam rangka mensukseskan program Pemkab Kukar, satu RT satu laptop.

"Pemkab Kukar memiliki program satu RT satu laptop, dan ini banyak belum tersentuh oleh Desa-desa khususnya para Ketua RT dalam mengoperasikan laptop itu, jadi pada saat kemarin ada dari tim kami memberikan bimtek kepada para Ketua RT di Sebulu, ternyata masih banyak yang belum bisa menggunakan laptopnya, bahkan masih ada laptop dan printernya masih terbungkus, maka kita berinisiatif untuk juga memberikan kontribusi pelatihan Literasi Digital dalam rangka memperingati bulan bahasa, sumpah pemuda dan Hari Guru, " terangnya.

Emy Rosana Saleh mengaku, dalam kegiatan Literasi Digital ini kita fokuskan yang pertama bagi para Ketua RT yang ada di Desa Mulawarman, yang ternyata sebagian besar Ketua RT disana tidak bisa menggunakan perangkat laptop maupun printer untuk menunjang kegiatan RT.

"Jadi saat pelatihan para Ketua RT ini membawa laptop dan printer yang diberikan oleh Pemkab Kukar, dalam kegiatan ini kita ajarkan bagaimana caranya menggunakan aplikasi untuk RT sampai mereka bisa mengeprint dokumen administrasi yang dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, dalam Literasi Digital ini kita juga mengajarkan untuk anak-anak jenjang SD yang mengikuti asesmen nasional ini untuk diajarkan menggunakan komputer, mengingat sebagian besar mereka tidak bisa sama sekali.

"Karena saat ini asesmen kompetensi minimumnya berbasis komputer, jadi kami memfokuskan juga untuk anak-anak SD," tuturnya.

Untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini lanjutnya, untuk para Ketua RT sebanyak 30 orang, sedangkan untuk anak-anak jenjang SD yang mengikuti ada dua SD, yakni SD 014 berjumlah 24 orang, dan SD 016 yang mengikuti sebanyak 46 orang.

"Untuk pelaksanaannya dilaksanakan serentak selama dua hari, bagi para Ketua RT dilaksanakan di Gedung BPU Desa Mulawarman, sedangkan untuk anak-anak SD dilaksanakan di masing-masing sekolah, dan dalam kegiatan ini kita juga bekerjasama dengan IKA UMM Kaltim," tambahnya.

Kasi Kurikulum dan Pengembangan Mutu SMP Disdikbud Kukar juga menambahkan, dalam kegiatan ini selain pelatihan Literasi Digital, juga ada donasi buku dan lomba menulis untuk peserta didik jenjang SMP. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top