• Rabu, 24 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah turut melauching KPR GenMe)

TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Selain melaunching Kredit Kukar Idaman (KKI), Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara juga melaunching Kredit Perumahan Rakyat Generasi Milenial (KPR GenMe) yang dikhususkan bagi kaum milenial di Kukar yang ingin memiliki rumah sendiri.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, saat ini perlu bagi generasi milenial di Kukar untuk mulai memikirkan memiliki hunian sendiri. Maka dengan program KPR GenMe ini memberikan tawaran kredit pemilikan rumah (KPR) dengan uang muka 0 %, dengan cicilan hanya 1 juta an hingga fasilitas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Program ini bermula dari realitas semakin tingginya harga rumah setiap tahunnya dan menyulitkan kalangan milenial untuk memiliki rumah. Sayangnya, kenaikan harga rumah ini tidak sebanding dengan kenaikan pemasukan yang diperoleh oleh kaum milenial. Selain itu, suku bunga kredit yang tinggi juga menjadi alasan banyak penghasilan anak muda tidak mencukupi untuk membeli rumah meski dengan cara KPR," ungkapnya kepada awak media, Kamis (28/10/2021) kemarin.

Bupati Kukar mengaku, dalam program KPR GenMe ini Pemkab Kukar memberikan kemudahan bagi para milenial yang ingin memiliki rumah sendiri bekerjasama dengan Bankaltimtara Cabang Tenggarong.

"Dengan mempertimbangkan para pekerja informal yang sering kali kesulitan mendapatkan pinjaman KPR karena tidak memiliki pendapatan tetap. Kita juga menjembatani anak-anak milenial dengan pekerjaan informal dengan perbankan melalui gemar menabung. Dengan demikian pihak bank bisa melihat kemampuan membayar teman-teman milenial," tuturnya.

Edi Damansyah menambahkan, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi kaum milenial untuk membeli rumah. Jadi jangan pernah berpikir nabung terlebih dahulu baru membeli rumah, malah program ini membeli rumah sambil menabung.

"Jadi kalau mau beli rumah bagi milenial, saat ini waktunya karena ada program subsidi dari pemerintah daerah Kukar. Dengan Kukar Idaman melalui Program KPR GenMe, kaum milenial bisa memiliki rumah dengan harga, cicilan dan bunga yang rendah. Bahkan bunganya diberikan tetap sampai masa kredit selesai," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top