• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat mengatakan, tugas pendamping Desa di Kutai Kartanegara cukup penting dalam membantu pembangunan Desa.

Mengingat pendamping Desa ini direkrut dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), maka tugasnya juga membantu Pemdes bagaimana anggaran Dana Desa yang sudah digelontorkan pusat ke Desa bisa dilaksanakan dan dikelola dengan tertib dan baik, maka ini perlu di kawal dari tim pendamping Desa terkait pengelolaannya.

"Terutama dalam upaya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi maka teman-teman pendamping Desa ini yang bertugas untuk mengawal dan mendampingi aparat pemerintah Desa dalam pengelolaan dana Desa," ungkap Ahmad Taufik Hidayat.

Selain itu lanjutnya, peran pendamping Desa ini juga meningkatkan peran pemberdayaan masyarakat dibidang ekonomi Desa, seperti adanya BUMDes sehingga dapat berkembang dan meningkatkan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Pendamping Desa merupakan salah satu tenaga pendamping profesional yaitu sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi dibidang pendampingan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang direkrut oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi," terangnya.

Ia menambahkan, untuk mengoptimalkan kinerja pendamping desa memiliki tugas utama yaitu mendampingi Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, kerja sama Desa, pengembangan Badan Usaha Milik Desa, dan pembangunan yang berskala lokal Desa dengan wilayah kerjanya berada di kecamatan dengan spesifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi desa.

"Saya juga berharap seluruh pendamping Desa di masing-masing Desa melakukan kolaborasi dengan Pemda hingga Pemerintah Desa untuk capaian kinerja maksimal, baik dalam konteks pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat desa," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top