• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyampaikan sambutan di Acara Wisuda Tahfizh Al Qur'an)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah hadiri Wisuda Tahfizh Al Qur'an 1 Desa 1 Tahfizh tahun 2021, dengan tema "Dengan Wisuda Al Qur'an kita bumikan Al Qur'an di Kutai Kartanegara melalui Gerakan Etam Mengaji", berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di Masjid Al Anshor Jalan Arwana Tenggarong, Senin (25/10/2021) siang.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Asisten I Setkab Kukar Ahmad Taufik Hidayat, Kabag Kesra Mulyadi, pengajar Tahfizh serta orang tua para Wisudawan dan Wisudawati Tahfizh Al Qur'an.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, wisuda ini merupakan angkatan kedua, dan kami bersyukur program 1 Desa 1 Tahfizh Qur'an ini sudah berjalan.

"Harapan kita 18 Kecamatan mengirimkan perwakilannya mengikuti program ini, karena saat ini ada beberapa Kecamatan yang belum mengirim perwakilannya karena informasinya belum tersampaikan ke masyarakat, maka kami langsung perintahkan Camat yang belum mengirimkan wakilnya, agar menginformasikan kepada para Kepala Desa bahwa ada program ini di Kukar," ungkapnya.

Ia mengaku, dalam program ini harapannya nanti anak-anak yang mengikuti program ini sekembalinya di daerahnya bisa aktif di Masjid-Masjid di Desanya, kemudian membuka rumah Al Qur'an atau tempat pembelajaran Al Qur'an.

"Dan wujud nyata program dari segi keagamaan ini bagaimana menyediakan sumber daya manusia sehingga pelaksanaan ibadah di Masjid-Masjid di wilayah Kukar khususnya di Desa-desa bisa tersedia SDM nya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Tahfizh Al Anshor Harunur Rasyid menjelaskan, pada wisuda angkatan kedua ini meluluskan 50 santriwati dan santriwan terdiri dari 28 putra dan 22 putri.

"Dan hari ini yang diwisuda sebanyak 42 orang, karena 8 santri lainnya sudah diterima di perguruan tinggi ilmu Al Qur'an Jakarta dan biayanya semua dari Pemkab Kukar dari beasiswa Kukar Idaman," tuturnya.

Ia menambahkan, angkatan kedua ini sudah difasilitasi Pemkab Kukar menjadi peserta Dai masuk Desa sebanyak 15 anak, dan setiap bulan dapat insentif, tugasnya dirumah segera membuka rumah Qur'an di wilayah masing-masing.

"Untuk itu dalam kesempatan ini saya juga berpesan kepada anak-anak yang sudah di wisuda ini agar ketika kembali kerumah masing-masing agar menjaga hafalannya, karena yang paling berat itu menjaga hafalan, dan kepada orang tua agar mengingatkan anaknya dirumah untuk menjaga hafalan mereka," terangnya.

Untuk Tahfizh Al Qur'an angkatan ketiga lanjutnya, sudah dibuka pendaftaran dan dari data sebanyak 150 pendaftar, kemudian dari 150 ini kita seleksi dan hasilnya 89 ikut tes, kemudian saat ini sudah ada 50 santriwan dan santriwati telah kita terima, termasuk 10 cadangan. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top