• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah saat berbincang dengan salah satu murid SD yang mulai Pembelajaran Tatap Muka di Kecamatan Muara Muntai)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Awal Oktober lalu Bupati Kukar Edi Damansyah melaksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Muara Muntai. Dengan rangkaian dimulai dari peninjauan pelaksanaan vaksinasi hingga meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di beberapa SD di Muara Muntai.

Usai mengunjungi salah satu Sekolah Dasar di Desa Tanjung Harapan untuk meninjau pembelajaran tatap muka, Bupati Kukar Edi Damansyah mengaku, bahwa pelaksanaan PTM tersebut berjalan dengan baik.

"Maka sudah saya instruksikan kepada Kecamatan Muara Muntai melalui pak Camat, Kapolsek, Danramil, pimpinan Puskesmas dan Satgas Covid-19 kita dorong seluruh sekolah-sekolah di Kecamatan Muara Muntai saya minta untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka secara normal," ungkapnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan PTM ini akan terus kita evaluasi sambil berjalan, harapannya semoga situasi kondisi kita membaik dan vaksinasi berjalan terus.

"Saya juga minta Kepala Sekolah, dewan guru dan Komite Sekolah agar terus bersatu bersama-sama kita melaksanakan PTM dengan baik, sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing, seperti di Muara Muntai ini ada beberapa Desa disekitar danau ada juga di daratannya, tapi kalau dilihat dari mobilitas penduduk terkendali dengan baik dan tingkat kasus Covid-19 di Kecamatan Muara Muntai tidak terlalu tinggi," terangnya.

Ia menuturkan, jika berkaca pada pedoman PTM nasional, hanya 50 persen dari kapasitas ruangan dan belajar hanya dua jam. Namun itu jika situasi tertentu, salah satunya padat penduduk dan murid disekolah tersebut padat.

"Di Muara Muntai ini ada situasi tertentu seperti kemarin yang saya tinjau, SD-nya masih dibawah 50 siswa, seperti ini jalan saja normal. Saat masuk ruangan kelas 6 hanya ada tujuh murid. Jadi seperti itu saya arahkan PTM jalan normal," tuturnya.

Selain meninjau pelaksanaan PTM, Bupati Kukar juga meninjau pelaksanaan vaksinasi, dalam kesempatan ini dirinya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Satgas Covid-19 Kecamatan Muara Muntai, unsur Muspika dan jajaran nakes di Puskesmas Muara Muntai serta seluruh Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat Muara Muntai.

"Dan kami bersyukur capaian vaksinasi di Kecamatan Muara Muntai sudah 56,6 persen dari 14.900 target vaksinasinya, dan saya harap vaksinasi ini terus dilanjutkan karena target kita di Kukar mencapai herd Immunity di angka 70 persen. Tadi juga disampaikan pimpinan Puskesmas Muara Muntai bahwa capaian target 70 persen tergantung ketersediaan vaksinnya," tambahnya.

Ia menambahkan, bahwa vaksin ini ada yang disalurkan melalui TNI-Polri lewat Kodim dan Polres dan telah berjalan bersinergi dengan baik dengan Pemkab Kukar.

"Kami di Satgas Covid-19 Kabupaten Kukar targetnya di akhir Desember mendatang kesesuaian dengan ketersediaan vaksin kita bisa mencapai target 70 persen Herd Immunity," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top