• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kutai Kartanegara harus menjadi perhatian bagi seluruh OPD yang menerima.

Menurutnya, DAK ini perlu juga menjadi perhatian khusus kita karena lumayan membantu keuangan daerah untuk meningkatkan pembangunan secara cepat di Kukar.

"Adapun DAK menjadi perhatian kita karena memang sering sekali DAK ini kita rutin melaporkan secara intensif per kuartal secara berkala ke pusat, apabila tidak, itu menjadi kelemahan atau catatan tersendiri untuk daerah kita dipusat, sehingga itu berpengaruh dengan DAK kita tahun depan," ungkap Rendi Solihin kepada KutaiRaya.com.

Ia mengaku, selain daripada efek itu, efek kedua menjadi beban daerah karena apabila pekerjaan mangkrak nanti yang bayar daerah, bukan lagi dana dari pusat itu, artinya kita betul-betul ini kami awasi.

"Ini juga salah satu tupoksi pengawasan yang kami jalankan, dan pak Bupati juga selalu menekankan pada kami bahwa untuk diperhatikan DAK ini jangan sampai kejadian mangkrak seperti kemarin," tuturnya.

Namun lanjutnya, meskipun ia optimistis pembangunan dengan kucuran DAK sangat membantu keuangan daerah. Ia pun tidak memungkiri adanya kekhawatiran berdasarkan hasil pantauan langsungnya ke lapangan.

"Ada beberapa titik pembangunan yang sangat jauh dari target pengerjaan. Pekerjaan yang sudah dikerjakan, jauh dari capaian target. PPK juga harus betul-betul mengawasi, jangan sampai lalai, sampai akhirnya menit terakhir malah kelabakan karena tidak capai target pembangunan," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top