• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Dandim 0906 Kukar Letkol Inf Charles Alling)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kodim 0906 Kutai Kartanegara melakukan rangkaian peringatan HUT TNI ke 76 dengan tema bersatu, berjuang kita pasti menang, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, berlangsung di Makodim 0906 Kukar, Selasa (5/10/2021).

Dandim 0906 Kukar Letkol Inf Charles Alling mengatakan, peringatan HUT TNI tahun ini adalah bentuk refleksi dari bagaimana TNI ini hadir selama 76 tahun perlu ada suatu introspeksi, introspeksi yang dimaksudkan disini adalah terkait peran dan fungsi TNI secara khusus disatuan kewilayahan yaitu Kodim 0906 Kukar.

"Memang masih banyak ditemukan disana sini kekurangan, tetapi niat dan motivasi kami yang mengawaki Kodim 0906 Kukar selalu ingin berbuat yang terbaik, selalu rela berkorban dan pantang menyerah untuk pengabdian kita kepada bangsa dan negara," ungkap Dandim Charles Alling.

Ia juga mengaku, selama pandemi covid-19 ini banyak hal yang telah dilakukan Kodim 0906 Kukar yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari satgas Covid-19 di Kukar. Kami bersyukur apapun yang kita lakukan ini membuahkan suatu hal yang manis bagi kemajuan penanganan covid-19 di Kukar, seperti yang dikemukakan oleh Bupati Kukar kita sudah masuk di PPKM level dua, bahkan format penanganan secara mitigasi fisik kita masih tetap konsisten.

"Jika kita bandingkan beberapa daerah di Kaltim hanya yang ada di Kukar yang masih survive, dalam artian terus kontinyu dan konsisten untuk melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan dan saya yakin ini adalah bentuk sinergitas yang sangat luar biasa yang ada di Kukar," tuturnya.

Sedangkan pada peringatan HUT TNI ke 76 lanjutnya, sebelum mengikuti upacara secara virtual dengan pejabat Forkopimda Kukar, kami menerima bentuk apresiasi dari masyarakat Desa Tanjung Batu yang dipimpin oleh Kades Tanjung Batu dengan membawa hantaran hasil panen di Tanjung Batu yang merupakan bagian dari program kerja kita bersama antara TNI dengan masyarakat sekitar.

"Kami bersyukur bahwa lahan tidur seluas 460 hektare itu 80 hektarenya saat ini sudah terkelola dengan baik dengan menerapkan metode integrated farming sistem, dimana ada 4 komponen yang sudah dikembangkan, mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan, dan saat ini untuk hasilnya sudah sangat luar biasa, jadi untuk farian hortikultura saja itu ada 3 jenis mulai dari tomat, mentimun, dan lombok, kemudian hasil perharinya bisa satu sampai dua kwintal per varian," terangnya

Setelah menerima bentuk apresiasi dari masyarakat Desa Tanjung Batu dikatakan Dandim Charles Alling, kemudian dilanjutkan dengan upacara secara virtual dengan pusat kemudian dilakukan kegiatan syukuran yang dihadiri bapak Bupati, Sultan Kutai Kartanegara ing Martapura, Ketua DPRD Kukar dan seluruh pejabat Forkopimda Kukar.

"Jadi keguyupan kita sinergitas kita yang ada di Kukar ini sudah luar biasa, tinggal bagaimana kita memelihara saja dan motivasi yang positif sudah sama-sama kita pahami, kita selalu sehati dengan masyarakat, dan saya selalu tekankan kepada seluruh jajaran jangan sampai menyakiti hati dan pikiran masyarakat, kita harus menyelami apa yang menjadi pokok-pokok keinginan mereka supaya kita bisa diterima dan menjadi kekuatan yang tidak bisa terpisahkan," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, pihaknya atas nama masyarakat Kukar dan Pemkab Kukar menyampaikan selamat ulang tahun TNI ke-76 tahun 2021. Momentum ulang tahun ke-76 ini saya secara khusus menyampaikan penghargaan terima kasih kepada Dandim 0906/KKR, dan jajaran. Karena selain tugas pokok TNI, juga bersinergi dengan kami Pemkab Kukar pada tugas-tugas pelayanan kemasyarakatan, khususnya pembangunan keagamaan dan lebih khususnya lagi dalam penanganan pandemi Covid-19 ini

"Jadi keberadaan TNI yang melalui Dandim 0906/KKR dan jajaran, baik itu di dalam satgas covid-19 Kukar maupun secara fungsional kelembagaan Kodim ini terus berkontribusi. Tidak hanya bagaimana menjaga situasi di teritori saja, tapi memberikan bantuan sosial. Juga melaksanakan vaksinasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan masyarakat. Saya kira momentum HUT TNI ke 76 ini karena tema sentral yakni bersatu berjuang kita pasti menang itu maknanya sangat konkrit yang sudah dilakukan di Kukar," paparnya.

Ia berharap, tentunya sinergisitas yang sudah terlaksana dengan baik itu dijaga dan ditingkatkan lagi kedepannya, karena masih banyak tugas-tugas kami di Pemkab Kukar, seperti program kita ketahanan pangan pertanian dalam arti luas, juga Kodim 0906 ambil bagian di sana, program ketahanan pangan. Nanti prioritas kita berkaitan dengan penanganan kemiskinan juga, jajaran kodim juga berkontribusi.

"Banyak hal yang berkaitan dengan prioritas, yang tidak hanya beriringan dengan tugas-tugas TNI, tetapi memang sinergi dan kolaborasi Pemkab degan Kodim ini sudah terjalin dengan baik selama ini," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top