• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kota Tenggarong pada 28 September ini genap berusia 239 tahun, sebuah angka yang menunjukkan proses panjang terbentuknya budaya dan peradaban sebuah daerah. Tenggarong, memang tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia, bahkan sejak zaman sebelum kemerdekaan.

Hal ini diungkapkan anggota DPRD Kaltim dari Dapil Kukar H. Akhmed Reza Fachlevi S.Sos kepada KutaiRaya.com, Senin (27/9/2021) kemarin.

Politikus Gerindra ini mengatakan, sejarah mencatat, Tenggarong pernah menjadi ibu kota dari Daerah Istimewa Kutai. Kota ini didirikan 28 September 1782 oleh Raja Kutai Kartanegara ke-15, Aji Muhammad Muslihuddin, yang dikenal pula dengan nama Aji Imbut. Kota ini sempat diberi nama Tepian Pandan ketika Aji Imbut memindahkan ibu kota kerajaan dari Pemarangan.

"Bagi saya pribadi, kota kecil ini juga memberi makna besar. Di kota inilah, saya pernah bersekolah dan ayah saya pernah menjadi Camat Kota Tenggarong tahun 2006 sampai 2014. Tentu saja, saya juga ikut tumbuh dan berkembang atas pola asuh luar biasa dari kedua orang tua saya di kota ini," ungkap Akhmed Reza Fachlevi.

Anggota legislatif DPRD Kaltim yang duduk di Komisi II ini juga berharap, dengan hari jadi Kota Tenggarong ke-239 ini bisa lebih maju lagi, karena kita ketahui bahwasanya Tenggarong yang juga merupakan ibukota dari Kabupaten Kukar itu tidaklah mudah, disamping sudah ditetapkannya Ibu Kota Negara (IKN) salah satu wilayahnya di Kukar, otomatis Kukar juga menjadi penyangga bagi IKN ini.

"Harapan saya juga masyarakat Kukar bisa lebih maju lagi dan pembangunan juga lebih maju lagi, karena kita lihat kondisi saat ini pembangunan yang ada di Kukar masih belum maksimal, dan harapan saya juga bagi para petani dan nelayan yang ada di Kukar juga lebih maju," harapnya.

Ia menambahkan, dirinya juga kembali berharap agar Tenggarong terus menjelma sebagai kota yang nyaman, kota penuh sejarah peradaban dan budaya bernilai luhur.

"Selamat ulang tahun kotaku. Semoga warga kotanya tetap unggul, beriman, berbudaya dan berakhlak mulia. Aamiin," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top