• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Komisi II DPRD Kukar saat mengunjungi TPI di Desa Liang Kecamatan Kota Bangun)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wakil Ketua II DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono bersama rombongan Komisi II melakukan Kunjungan Kerja melihat Potensi Penghasil PAD Kukar, yakni layanan TPI Perikanan Darat yang berada di Desa Liang Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kamis (2/9/2021).

Dalam kegiatan ini, rombongan Komisi II DPRD Kukar dipimpin Ketua Komisi II Hamdan beserta anggotanya seperti Sopan Sopian, H. Doni Ikhwani, Budiman, H. Azhar Nuryadi dan Firnadi Ikhsan, S.Pi.

"Dalam kunjungan ini sebenarnya kami berharap agar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) ini bisa di fungsikan sebagaimana tujuan pembangunannya," ungkap Ketua Komisi II DPRD Kukar Hamdan.

Namun setelah berkunjung ke TPI tersebut, Ketua Komisi II Hamdan mempertanyakan keberadaan TPI yang setelah di resmikan di Tahun 2020, namun hingga kini belum beroperasi memberikan pelayanan kepada nelayan dan menyumbangkan PAD untuk Kukar.

"TPI ini sudah diresmikan tahun 2020, namun kami kecewa hingga kini belum beroperasi, apa sebabnya, kenapa sampai sekarang belum beroperasi," ungkap Hamdan.

Sementara itu, dalam penjelasannya pihak OPD Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar melalui Kasi Pengelolaan TPI Syahrul menjelaskan, bahwa tahapan awal penetapan lokasi di mulai tahun 2009 lalu, ada kajian hingga pembangunan sarana yang bersumber dari APBN di tahun 2018 dan di lengkapi beberapa fasilitas penunjangnya melalui APBD Kukar di tahun 2019 - 2020.

"Upaya sosialisasi keberadaan dan pemanfaatan TPI sudah pernah dilakukan dengan mengundang para kepala desa dari beberapa Kecamatan yang memiliki potensi perikanan tangkap, tetapi memang belum bisa mengarahkan aktifitas bongkar hasil nelayan ke TPI," paparnya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kukar asal Dapil VI H. Azhar, yang juga pelaku usaha perikanan menambahkan, bahwa perlu dilakukan upaya yang lebih massif terutama langsung kepada pelaku usaha perikanan, mulai dari nelayan hingga para pembawa ikan dan pembeli besar dari luar kota.

"Yang kaitan dengan hal ini pihaknya akan membantu dengan pendekatan dan sosialisasi, baik melalui kegiatan informal maupun saat kunjungan kerja berikutnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, usai melalukan kunjungan kerja kelayanan TPI Perikanan Darat yang berada di Desa Liang Kecamatan Kota Bangun Kukar, rombongan DPRD Kukar melanjutkan kunjungannya ke Desa Jantur Kecamatan Muara Muntai. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top