• Rabu, 06 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sejak diresmikan pada 01 April 2021 lalu, eksistensi pesantren Lapas Tenggarong yang diberi nama Taubatan Nasuha ini mulai menunjukkan perkembangan yang baik. Hal ini terbukti dari pelaksanaan kegiatan belajar santri yang sampai saat ini tetap berjalan dengan lancar dan jumlah santri saat ini sebanyak 60 orang sebagai angkatan pertama.

"Saat ini pesantren Lapas telah memiliki kelas tahfidz dengan jumlah santri sebanyak 15 orang, dan untuk kegiatan belajar dilaksanakan dari hari Senin sampai dengan Sabtu," kata Ahmad Harnadi Kasi Binapi Lapas Tenggarong.

Materi kegiatan belajar terdiri dari ilmu tauhid, ilmu tajwid, fiqih dan praktek khutbah yang dilaksanakan pada sore hari dengan jumlah pengajar sebanyak 3 orang dan pagi harinya dilaksanakan ceramah agama.

Ahmad Harnadi menambahkan, bahwa program pesantren ini bisa dikatakan semi rehabilitasi sosial dan menjawab kebutuhan tentang program rehabilitasi sosial bagi pelaku tindak pidana narkotika, mengingat kondisi Lapas Tenggarong yang secara fisik bangunan tidak memungkinkan dilaksanakan program tersebut sehingga tercetus ide untuk membuat pesantren Lapas.

Sementara itu Kalapas Tenggarong Agus Dwirijanto mengaku, pihaknya selalu melakukan evaluasi dan monitoring secara berkala dalam kegiatan ini.

"Kami lakukan guna menilai efektifitas dari program ini sekaligus menjadi bahan bagi kami untuk melakukan pembenahan-pembenahan," ujar Agus Dwirijanto Kalapas Tenggarong saat ditanya progres pelaksanaan program pesantren Lapas.

Pesantren Lapas juga menggandeng pihak Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara dan Baznas Kabupaten Kutai Kartanegara, serta beberapa pondok pesantren yang ada sekitar wilayah tenggarong yang rutin melakukan pendampingan dan pengajian secara rutin.

"Untuk kelas tahfidz alhamdulillah, sudah ada beberapa warga binaan yang telah hafal 3 juz dan akan dilakukan ujian terbuka pada bulan Oktober," tutup Ahmad Harnadi. (One)

Pasang Iklan
Top