• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kasi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman Distanak Kukar Taufik)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Panen perdana jagung Komposit varietas Lamuru, pengembangan benih atau bibit sumber hasil inovasi Balitbangtan, kerjasama Komisi IV DPR RI dengan BPTP Kaltim, yang dilakukan Kelompok Tani Suka Makmur Kelurahan Loa Ipuh Kecamatan Tenggarong Kukar, beberapa waktu lalu juga mendapat apresiasi dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar.

Menurut Kasi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman Distanak Kukar Taufik, pengembangan jagung komposit varietas Lamuru di Kukar untuk benih pakan ternak menjadi terobosan baru, karena memang pengembangan benih khususnya jagung di Kukar sangat minim bahkan belum ada.

"Artinya ini juga merupakan peluang untuk penyediaan benih di lokal, karena memang untuk Kukar belum ada," ungkap Taufik.

Ia mengatakan, untuk benih ini selama ini kita datangkan dari di luar daerah melalui BPTP Kaltim, sedangkan untuk produksi di daerah kita belum ada.

"Maka dengan terobosan ini alhamdulillah Kukar sudah bisa melakukan panen jagung komposit untuk benih pakan ternak di kelompok tani Saka Makmur ini, dan yang kedua ada di Kecamatan Sebulu," tuturnya.

Ia menambahkan, dengan adanya pengembangan ini maka secara otomatis juga mewujudkan program Pemkab Kukar, salah satunya revolusi jagung dan kegiatan ini merupakan tahapan awal dan akan kita dukung untuk keberlanjutannya.

"Kami juga berharap kegiatan ini akan berkembang terus untuk selanjutnya bukan hanya di Kecamatan Tenggarong dan Sebulu saja, tetapi juga Kecamatan lainnya di Kukar," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top