• Selasa, 21 September 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/KKR Letkol Inf Charles Aling saat meresmikan Desa Tanjung Batu sebagai Desa Mandiri)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah didampingi Dandim 0906/KKR Letkol Inf Charles Alling dan Kabaglog Polres Kukar KOMPOL Budi Santosa, meninjau lapangan sekaligus meresmikan Desa Mandiri di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang Kukar, Rabu (4/8/2021).

Usai meresmikan Desa Mandiri yang ditandai dengan pemotongan pita, Bupati Kukar, Dandim 0906/Kukar dan rombongan meninjau spot-spot yang ada di Desa Mandiri Desa Tanjung Batu, diawali meninjau posko RT Sigap, dilanjutkan Rumah UMKM, Anti Narkoba, Rumah Baca, karang taruna, tempat isolasi terpusat, pemanfaatan lahan tidur, pramuka Saka Wira Kartika, sanggar tari jepen, keterampilan PKK, pos kamling, pusban, bela negara, dan terakhir workshop pertanian sekaligus melakukan panen Cabai besar.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, selain Desa Tanjung Batu telah diresmikan sebagai Desa Mandiri, dirinya mewakili Pemkab Kukar menyampaikan penghargaan secara khusus karena Desa Tanjung Batu juga ditetapkan sebagai lokus pengembangan kawasan cadangan pangan nasional, yang pengelolaannya berkolaborasi antara jajaran TNI melalui Kodim 0906/KKR, Pemkab Kukar dan Pemdes Desa Tanjung Batu, serta dukungan dari dunia usaha yang ada di sekitar Kecamatan Tenggarong Seberang.

"Dari 460 hektare kawasan ini dan yang sudah terbuka sekitar 60 hektare, dan sekilas kawasan ini konsepnya Desa Sinergi Hijau dan mimpi terakhirnya terwujudnya Desa Mandiri di Desa Tanjung Batu, pertama yang berkaitan dengan mandiri pangan, artinya kebutuhan pokok pangan Desa Tanjung Batu semua dari kawasan ini, dan harapan lebih besarnya Kecamatan Tenggarong Seberang dan lebih besar lagi untuk Kutai Kartanegara, terpenting kita bisa berkontribusi untuk Kaltim," tutur Edi Damansyah.

Ia mengaku, lokus ini bagaimana kedepannya bertepatan dengan Kaltim ditetapkan sebagai lokus pemindahan Ibu Kota Negara, dan sementara kita laksanakan terlebih dahulu di Desa Tanjung Batu.

"Saya hanya berpesan bahwa kebijakan secara nasional pengembangan kawasan pangan ini di Desa Tanjung Batu, untuk wujud dan berhasilnya tidak terlepas bagaimana dorongan jajaran TNI melalui Dandim 0906 Kukar dan jajarannya, tentunya harapan kita juga bagaimana keberlanjutannya, tetapi tentunya yang paling utama bagaimana masyarakat Desa Tanjung Batu pada khususnya betul-betul tau dan paham apa yang dikerjakan di kawasan ini, sehingga ada ilmu yang ditimba disini dan bisa dilaksanakan terus menerus," terangnya.

Sementara itu, Dandim 0906 Kukar Letkol Inf Charles Alling menambahkan, hari ini (Rabu 4/8/2021, red) telah resmi mencanangkan Desa Tanjung Batu sebagai Desa Mandiri, kita ingin mengangkat Desa Tanjung Batu ini bisa terexpose kaitannya dengan potensi, kemudian hal-hal lain yang bisa kita explore untuk mewujudkan benar-benar bahwa Desa ini adalah Desa yang benar-benar Mandiri.

"Apa yang sudah dilakukan di Desa Tanjung Batu ini tentunya sudah merujuk apa yang menjadi kebijakan Kabupaten Kukar, tentunya melalui visi dan misi yang telah ditetapkan oleh pak Bupati," ujarnya.

Tentu hal yang paling mendasar lanjutnya, adalah program terkait dengan transformasi ketahan pangan yang sudah ditetapkan oleh pak Bupati, inipun sudah teraktualisasi dalam Desa Sinergi Hijau yang ada di kawasan ini, kemudian bagaimana ketahanan PPKM Mikro dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Jadi intinya apa yang sudah kita lakukan ini sebagai upaya kita bersama, jadi ini adalah bagaimana kita membangun kolaborasi yang baik dalam konteks 4 pilar, baik pemerintah daerah, TNI-Polri dan pelaku usaha untuk bisa mewujudkan hal-hal baik yang sudah dibuat di Desa Tanjung Batu. Terpenting keberlanjutan dari kegiatan ini, jadi jangan hanya kegiatannya pada saat ini saja tetapi yang diharapkan adalah bisa menjadi platform atau pijakan kita bersama untuk terus kita wujudkan," ungkapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top