• Rabu, 17 Agustus 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Prosesi pengukuhkan IRMA Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong yang tetap menerapkan protokol kesehatan)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pengurus Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong periode 2021-2024 resmi dikukuhkan oleh Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman Drs. H. Aminuddin Edy, MM, didampingi Ketua Harian Pengurus Masjid Agung Sultan Sulaiman Drs. H. Djuremie dan pengurus lainnya.

Pengukuhan tersebut berlangsung di Kubah Kanan Masjid Agung Sultan Sulaiman, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Minggu (11/7/2021) siang.

Adapun pengurus IRMA Masjid Agung Sultan Sulaiman yang telah dikukuhkan tersebut di nahkodai oleh Rahmat Riadi sebagai Ketua serta para anggota pengurus lainnya.

Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman Drs. H. Aminuddin Edy dalam amanatnya mengatakan, remaja masjid sebagai wadah organisasi dan kaderisasi dapat membantu kepengurusan Masjid Agung Sultan Sulaiman, dan juga dapat memakmurkan masjid.

"Remaja masjid dipersiapkan menjadi manusia yang unggul dalam SDM yang memiliki kepribadian dan akhlak mulia yang berbudi pekerti luhur untuk menjadi cikal bakal atau penerus regenerasi kepengurusan Masjid Agung Sultan Sulaiman yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua IRMA Masjid Agung Sultan Sulaiman Rahmat Riadi menambahkan, sejak IRMA dibentuk telah terlibat diberbagai kegiatan Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman, diantaranya setiap malamnya dibulan suci Ramadhan kemarin, aktif mengisi tadarusan dan berjadwal sebagai muadzin sholat Tarawih serta menjadi pembaca pengumuman.

"Diakhir Ramadhan IRMA juga aktif membantu UPZ Masjid Agung Sultan Sulaiman menerimakan dan menyalurkan Zakat Fitrah, Zakat Maal, Infaq dan Shodaqoh. Ketika pelaksanaan sholat Idul Fitri lalu sebagian juga terlibat di panitia dan petugas Sholat Ied," terangnya.

Seiring waktu lanjutnya, IRMA mulai menyusun beberapa kegiatan setelah bulan Suci Ramadhan yaitu pembacaan yasin dan doa setiap malam jumat dipimpin oleh pengurus dan anggota IRMA. Kemudian kami memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Masjid Agung, yaitu RADIO IDC FM, dimana IRMA ikut mengisi acara seperti bincang Ramadhan sambil menunggu waktu berbuka dan bincang Ramadhan sambil menunggu waktu imsak dengan materi tentang pemuda masa kini.

"Baru-baru ini IRMA Masjid Agung Sultan Sulaiman telah melaksanakan kegiatan pelatihan petugas Muadzin, dengan pemateri H. Darsih Djamin dan Imam H. Muhammad Sukri. Kedepannya IRMA telah menyusun beberapa program dan kegiatan yaitu pelatihan petugas ma'syiral Jumat, pembentukan RKM, pelatihan Fardhu Kifayah, lomba azan tingkat dewasa dan remaja serta kegiatan outbond Pengurus dan anggota IRMA," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top