• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Proses pemindahan Napi Lapas Tenggarong ke Lapas Narkotika Samarinda. Foto: Humas Lapas Tenggarong)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Guna antisipasi gangguan keamanan Lapas Tenggarong kembali pindahkan sebanyak 50 orang ke Lapas Narkotika Samarinda.

Pemindahan Napi ini dilaksanakan pada Sabtu (12/6/2021) pukul 09.00 wita ini dibantu oleh pihak Kejaksaan Negeri Kukar dan Polres Kukar dalam hal bantuan pengamanan.

Kalapas Tenggarong Agus Dwirijanto menerangkan, bahwa pemindahan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan gangguan keamanan dan juga mengurangi tingkat over kapasitas hunian di dalam Lapas Tenggarong yang saat ini menampung sebanyak 1.399 orang dari total kapasitas hunian sebanyak 350 orang.

"Pemindahan ini dilakukan guna mencegah gangguan keamanan di dalam Lapas dan juga untuk mengurangi tingkat over kapasitas hunian dimana saat ini Lapas Tenggarong menampung sebanyak 1.399 orang dari kapasitas hunian ideal sebanyak 350 orang," ujarnya

Dalam proses pemindahan ini sebelumnya dilakukan asesmen resiko yang bertujuan untuk mengetahui tingkat resiko dari warga binaan tersebut. Selain itu juga dilakukan rapid test COVID-19 guna memastikan seluruh narapidana yang dipindahkan dalam kondisi sehat.

Sementara itu, Kasi Binapi Lapas Tenggarong Ahmad Harnadi menambahkan, bahwa narapidana yang dipindahkan sebagian besar adalah menjalani masa pidana diatas 4 tahun dan berdomisili di wilayah Kota Samarinda, sehingga dengan dilaksanakan pemindahan ini dapat mendekatkan narapidana dengan keluarganya.

"Sebagian besar narapidana yang dipindahkan menjalani pidana diatas 4 tahun dan juga merupakan warga Samarinda sehingga diharapkan dapat mendekatkan narapidana yang bersangkutan dengan keluarganya," tuturnya.

Sebagai informasi, pemindahan ini merupakan kali ketiga yang dilakukan oleh Lapas Tenggarong dalam kurun waktu Januari-Juni 2021, dan kegiatan ini akan terus dilaksanakan dengan memperhatikan situasi dan kondisi tingkat keamanan di dalam Lapas Tenggarong maupun Lapas yang akan menerimanya nanti, selain itu mengingat Lapas Tenggarong merupakan Lapas dengan kategori medium security. (One)

Pasang Iklan
Top