• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berencana akan mengaktifkan kembali Rice Processing Unit (RPU) atau pabrik pengolahan beras di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang yang sudah lama mangkrak.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin mengatakan, pihaknya akan mencari pihak ketiga untuk bekerja sama mengaktifkan kembali RPU, ataupun jika memungkinkan pemerintah daerah sendiri yang akan merencanakan pelaksanaan tersebut.

"Hingga saat ini kami mencoba susun perencanaan di perubahan bagaimana supaya RPU ini bisa maksimalkan pemanfaatannya, karena sudah ada maka sangat mubazir jika RPU ini tidak digunakan lagi," ungkap Rendi Solihin kepada awak media belum lama ini.

Rendi mengaku, RPU ini sebenarnya bisa diaktifkan kembali, tetapi dengan usulan tekhnologi yang memadai untuk pengembangan pertanian di Kukar.

"Karena selama ini banyak tengkulak pertanian beredar dimana-mana sekarang di Kukar, maka kita harus punya pabrik sendiri untuk mengolah hasil pertanian kita dan kita sudah lama punya RPU maka kita akan fungsikan kembali," terangnya.

Ia menambahkan, untuk mengaktifkan kembali RPU ini kami telah menyusun Fisibility Study (FS) dan telah masuk perancanaan di perubahan.

"Sebenarnya banyak rencana kami kedepan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kukar, semoga di perubahan ini bisa berjalan satu atau dua program kami, minimal perencanaan proyek-proyek besar, seperti keinginan kita untuk Kukar menjadi pilot projek lumbung pangan di Kaltim," harapnya. (One)

Pasang Iklan
Top