• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin,S.Sos,S.Fil)


TENGGARONG (kutaiRaya.com) - Sekretaris Komisi IV DPRD Kaltim Salehudin S.Sos, S.Fil mengapresiasi kinerja Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur yang bergerak dalam memajukan pariwisata yang ada di Kaltim, seiring dengan hal yang sama digaungkan Komisi IV agar pariwisata kedepan bisa eksis kembali pasca Pandemi.

Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi Golkar ini menuturkan, bahwa pasca pandemi Covid-19 ini sebenarnya salah satu upaya kita untuk bangkit dari keterpurukan yakni memajukan kembali objek wisata, tapi tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Karena sebelum adanya pandemi ini di beberapa Desa terutama di Desa yang ada di Kukar memang sudah menjalankan Desa wisata dan sudah terbukti misalnya Desa Pela, Kedang Ipil dan Muara Enggelam pariwisatanya sudah taraf nasional, mengingat potensi wisata dan prestasinya sudah diakui Nasional," ungkap Saleh sapaan akrabnya.

Saleh berharap, kedepan Desa Wisata bukan hanya di Desa Muara Enggelam atau Desa Pela dan Kedang Ipil saja, tetapi juga Desa-desa lainnya di Kukar yang berpotensi untuk dikelola menjadi destinasi Desa wisata betul-betul bisa terwujud.

"Untuk mewujudkan Desa Wisata ini maka harus ada kesadaran atau partisipasi masyarakat di Desa dengan slogan oleh masyarakat untuk masyarakat, dan pemerintah baik itu dari Provinsi maupun Kabupaten hanya memberikan fasilitasi," tuturnya.

Jika Desa Wisata ini terwujud lanjut Saleh, akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dan Desa wisata yang sudah ada ini dapat menginspirasi Desa lainnya untuk mewujudkan Desa Wisata baru.

"Maka kita dorong pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di masing-masing Desa, karena Pokdarwis ini sangat penting sebagai instrumen untuk menggerakkan potensi wisata yang ada di Desa," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top