• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Pergantian regu sing ke regu malam. Foto: humas Lapas Tenggarong)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sejak pukul 13.00 wita, beberapa wilayah di Kalimantan Timur mengalami pemadaman listrik total (black out) termasuk diantaranya di wilayah Tenggarong.

Sebagai antisipasi terjadinya gangguan keamanan di Lapas Tenggarong, KPLP Ade Hari Setiawan, meminta seluruh jajaran pengamanan untuk turut melakukan back up pengamanan yang dimulai sejak pergantian dari regu jaga siang ke regu jaga malam.

"Ini kegiatan insidentil dan preventif, walau di Lapas sendiri telah menyiapkan sarana mesin genset untuk membantu ketersediaan pasokan listrik tetap terjaga namun langkah antisipasi tetap diperlukan," ujarnya

Dalam kegiatan ini, melibatkan kurang lebih 20 petugas pengamanan yang terbagi dalam 3 kelompok yakni penjagaan pos pengawasan dan pemeriksaan (wasrik), bantuan penjagaan di dalam Lapas dan patroli tembok luar Lapas yang tujuannya untuk mencegah gangguan keamanan baik dari dalam Lapas maupun dari lingkungan luar Lapas.

Drajat Wirawan Kasubsi Keamanan yang turut memantau langsung pelaksanaan kegiatan ini menjelaskan, dalam kondisi normal setiap harinya di Lapas terdapat piket reguler staf dan piket kontrol yang dilakukan oleh pejabat struktural, namun dengan kondisi seperti black out ini kami bisa melakukan penambahan petugas penjagaan.

"Dalam kondisi normal setiap hari regu jaga dibantu oleh piket reguler staf dan piket kontrol yang dilakukan oleh pejabat struktural, namun dalam kondisi tertentu seperti ini (black out) kami bisa melakukan penambahan petugas penjagaan dengan melibatkan anggota-anggota penjagaan yang lepas piket," ungkapnya.

Ia mengatakan, hal ini juga merupakan salah satu bentuk deteksi dini yang dilakukan oleh pihak Lapas Tenggarong guna menciptakan suasana Lapas yang selalu aman, tertib dan nyaman.

Sementara itu, Kalapas Tenggarong Agus Dwirijanto, sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh jajaran pengamanan dan diharapkan hal ini dapat dipertahankan sebagai bentuk profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan. (One)

Pasang Iklan
Top