• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(SIT Yayasan Nurul 'Ilmi menggelar Wisuda Tahfidz sekaligus memperingati Nuzulul Qur'an)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sekolah Islam Terpadu (SIT) Yayasan Nurul 'Ilmi Kutai Kartanegara telah melaksanakan Wisuda Tahfidz sekaligus perayaan Nuzulul Qur'an, berlangsung di Masjid Istiqlal Komplek SIT, dengan tema "Selalu Bersama Al Qur'an di Setiap Langkahmu", Kamis (29/4/2021).

Dalam sambutannya Ustaz Ahamad Zainuddin QH, M. Pd selaku koordinator pembina tahfizd SIT Yayasan Nuril 'Ilmi menjelaskan, bahwa Wisuda Tahhfidzul Qur'an ini di selenggarakan dalam rangka memberikan penghargaan kepada para santri yang telah menyelesaikan hafalannya, dengan predikat Mutqin.

"Yang mana sebelumnya para wisudawan dan wisudawati telah di uji hafalan oleh para musrif dan musrifah dan melewati karantina selama satu bulan secara offline," ungkapnya.

Rangkaian acara diawali dengan lantunan Ayat suci Alqur'an oleh ananda Muhammad Rafif Syahreza siswa kelas 7 SMP IT Nurul 'Ilmi. Kemudian di lanjutkan penampilan para wisudawan Tahfidz dengan Tasmi' Qur'an surah Al Buruj, penampilan wisudawan ini di akhiri dengan menyanyikan lagu hymne Tahfidz.

Dalam kegiatan ini juga di hadiri juga para Pembina Yayasan Nurul 'Ilmi Kutai Kartanegara, yaitu Ustaz H. Muhammad Ali Hamdi ZA, S.Ag, Ustaz H. Dr. Saiful Aduar, M.Pd, Ustadz Sunarno Selaku Ketua Yayasan Nurul 'Ilmi, serta kepala sekolah SMA dan SD IT Nurul 'Ilmi yaitu Ustazah H. Dina Aspiani, M.Pd dan Ustazah Noor Rahma, S.Hut.

"Wisuda ini juga merupakan pertanggung jawaban sebuah lembaga kepada orang tua yang telah mempercayakan putra dan putrinya kepada lembaga ini dan sebuah pertanggung jawaban tehadap program yang telah digulirkan, yang mana ini merupakan wujud dari visi misi lembaga yaitu mencetak generasi Qur'ani dan kegiatan wisuda ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan secara berkala," tutur Ustaz Dr. Sunarno, M.Pd dalam sambutanya yang mana beliau sekaligus membuka kegiatan wisuda tahfidz qur'an dan nuzulul qur'an pada hari ini.

Dari 30 siswa dan siswi yang di wisuda ada yang telah menyelesaikan hafalan 1 juz, 2 Juz, 3 juz, 4 juz, dan 5 juz. Bahkan ada juga salah satu santri yang sudah menyelesaikan hafalannya sebanyak 14 juz yaitu ananda Muhammad Arifin bin Abdul Raji.

Dalam kegiatan ini juga di rangkai tausiyah yang disampikan oleh ustaz H. Muhammad Ali Hamdi ZA, S.Ag, beliau berpesan bersama dengan ini semoga kita semua yang hadir pada kegiatan ini menjadi bagian dan saksi para ahlul qur'an, karena tidak ada kemuliaan di muka bumi ini kecuali dengan Al Qur'an.

Hal ini terbukti Allah SWT menciptakan bulan, yang ada 12 bulan tapi Allah memberikan kemulian satu bulan yang disebut dengan syahyyidus syhur (penghulu bulan) yang tidak lain adalah bulan ramadhan. Karena di bulan ini Al Qur'an itu diturunkan.

"Al Qur'an kelak akan menjadi penolong kita semua oleh karena itu manfaatkanlah bulan ramadhan ini sebaik-baiknya. Semoga kita tidak termasuk orang yang lalai dengan Al Qur'an. Beliau akhiri tausiyah dengan berpesan agar kita sungguh-sungguh dalam mempelajari al qur'an karena pendidikan yang bisa membawa orang tua ke surga adalah pendidikan al qur'an," terangnya.

Rangkaian kegiatan wisuda tahfiz ini pun diakhiri dengan dzikir, doa, buka hingga sholat terawih bersama. (One)

Pasang Iklan
Top