• Minggu, 21 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kaltim Salehuddin, S.Sos,S.Fil)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Kabupaten Kutai Kartanegara kini memiliki 20 Kecamatan yang awalnya hanya 18. Dua kecamatan baru merupakan pemekaran dari Kecamatan Samboja dan Kota Bangun yaitu Samboja Barat dan Kota Bangun Darat.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Kaltim dari Dapil IV Kukar Salehuddin S.Sos,S.Fil mengatakan, pemekaran Kecamatan ini merupakan komitmen kita bersama Bupati Kukar saat itu, karena ketika kita melakukan proses komunikasi kemudian turun ke lapangan, terutama di beberapa Desa dan Kelurahan yang jauh dari ibukota Kecamatan, masyarakat di sana merasa butuh waktu perjalanan yang cukup jauh menuju pusat ibukota Kecamatan.

"Maka salah satu untuk mendekatkan proses pelayanan publik kepada masyarakat, kita lakukan waktu itu pemekaran Kecamatan," ungkap Saleh sapaan akrabnya.

Politisi Golkar ini mengaku, untuk Kecamatan Kota Bangun saja selama ini ada sekitar 21 Desa, maka ini dipecah menjadi 2 Kecamatan yakni Kecamatan Kota Bangun dan Kecamatan Kota Bangun Darat. Untuk itu harapan saya masyarakat lebih terjangkau kemudian transportasi tidak memerlukan waktu yang begitu lama, maka ketika mengurus pelayanan publik di Kecamatan menjadi lebih dekat.

"Dan rencananya pusat Kecamatan di Kecamatan Kota Bangun Darat nanti di Desa Kedang Ipil, dipilihnya Kedang Upil ini karena merupakan salah satu Desa tertua di Kota Bangun, dan ini menjadi simbol bahwa pemekaran Kecamatan itu juga tetap menghargai kearifan lokal. Begitu juga di Kecamatan Samboja Barat dan kita berharap ini juga berdampak signifikan dalam proses kemajuan di Desa-Desa yang selama ini cukup jauh dan terisolir," terang Saleh.

Untuk diketahui, pemekaran dari Kecamatan Samboja adalah Samboja Barat, yang terdiri dari Kelurahan Bukit Merdeka, Sungai Merdeka, Karya Merdeka, Amborawang Darat, Argosari, Salok Api Darat, Salok Api Laut dan Desa Tani Bakti.

Kemudian, Kecamatan Kota Bangun pemekarannya Kota Bangun Darat yang terdiri dari Desa Benua Baru, Kedang Ipil, Kota Bangun I, Kota Bangun II, Kota Bangun III (Sarinadi), Sedulang, Suka Bumi, Sumber Sari, dan Desa Wonosari.

Dua Kecamatan baru itu adalah ibu kota Kecamatan Samboja Barat yakni Desa Tani Bakti dan Ibu kota Kecamatan Kota Bangun Darat yakni Kedang Ipil. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top