• Senin, 02 Agustus 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(Wakil Ketua II DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono didampingi Pemerintah Desa Manunggal Jaya meninjau jalan tembus menuju Tanah Datar)






TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Wakil Ketua II DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono menyampaikan harapannya agar pihak Pemprov Kaltim mendukung upaya pembangunan jalan tembus yang menghubungkan Tenggarong Seberang menuju Tanah Datar.

Harapan tersebut disampaikannya usai meninjau akses jalan penghubung Tenggarong Seberang menuju jalan poros Samarinda-Bontang, yang ada di Desa Tanah Datar Kecamatan Muara Badak, Selasa (6/4/2021).

"Kami dari DPRD Kukar khususnya Dapil II berharap sekali dengan dibukanya akses jalan ini segera diperbaiki dan salah satu manfaat bagi kita juga dapat mengurai tingkat kemacetan jalan, yang seharusnya dari Kutai Timur, Bontang ataupun Samarinda menuju Kukar bisa melalui jalur ini," ujar Didik Agung Eko Wahono.

Politisi PDI-P ini mengaku, manfaat selanjutnya tentu membuat akses jalan mempermudah ke Bandara APT Pranoto, dan pastinya menambah dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar khususnya Kaltim.

"Kami berharap siapapun yang mempunyai kewenangan ini agar pembangunan jalan ini bisa terealisasi. Dulu jalan ini adalah akses jalan dari Tenggarong Seberang menuju Tanah Datar," tuturnya.

Anggota DPRD Kukar dari Dapil II menjelaskan, dari sisi Kukar sebenarnya jalan ini sudah terealisasi sejak 2013 lalu dan dibangun dengan APBD Kukar. Namun, ada sekitar 1 kilo lebih jalan yang masih belum disemenisasi, tepatnya jalan yang ada di Desa Batu Cermin. Hal itu disebabkan posisi jalan tersebut kewenangannya ada di wilayah Samarinda.

"Untuk itu saya berharap agar Pemerintah Provisnsi Kaltim juga bisa memfasilitasi percepatan pembangunan jalan tersebut. Jalan ini juga salah satu alternatif yang bisa digunakan ketika turun hujan. Karena jalan ini terhindar dari banjir, sehingga tidak terjadi kemacetan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Manunggal Jaya Sukemi mengaku, dengan adanya jalan ini bisa lebih menunjang perekonomian Desa Manunggal Jaya. Selain itu, jalan ini juga mempermudah masyarakat yang ingin menuju ke Bandara APT Pranoto. Untuk itu, ia berharap agar jalan yang masih tanah ini bisa secepatnya diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim.

"Kurang lebih satu kilo ini semoga cepat diselesaikan. Dengan adanya jalan ini, maka untuk menempuh ke bandara APT Pranoto akan lebih cepat dan mengindari kemacetan yang terjadi di Tanah Datar pada saat musim hujan," tandasnya. (One/Adv)

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara
Top