• Senin, 02 Agustus 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



(RT SIGAP Covid-19 RT 19 Kelurahan Panji)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - kampung RT 19 Kelurahan Panji Tenggarong dijadikan role model program RT SIGAP binaan Kodim 0906/ Tenggarong.

Dari pantauan media ini, untuk mempertahankan agar tidak ada kasus baru COVID-19 , warga bersama TNI dari Kodim 0906/ Tenggarong mendirikan pintu masuk RT 19 lengkap portal dan dijaga ketat. Dan bagi siapa saja tamu luar RT, terlebih datang dari luar daerah, pasti akan diskrening lebih dulu di posko jaga.

Ketua RT 19 Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong, Ismuhadi menyambut positif program RT Sigap itu, bahkan jauh sebelum adanya program ini, warga di area tersebut telah lebih dulu mengantisipasi masalah Covid-19 dengan melakukan berbagai macam pencegahan seperti menerapkan prokes dengan ketat.

"Kami sudah mengantisipasi sejak lama masalah Covid-19 ini, dari Presiden juga seperti itu, kami siap menyambut dengan sigap terutama tim-tim relawan kami, di RT 19 sendiri telah menyiapkan antisipasi ketahanan pangan warganya, karena di desa itu mayoritas dihuni oleh petani, sehingga penyiapan ketahanan pangan merupakan salah satu bagian yang mereka siapkan dan utamakan," paparnya.

Selain itu lanjutnya, kami juga telah menyediakan rumah karantina jika nantinya ada warganya yang terpapar ataupun terkonfirmasi Covid-19.

"Saya berharap dengan adanya RT 19 yang menjadi percontohan RT Sigap dapat diikuti ke RT dan wilayah lainnya," harapnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Panji Hj Nina Martini,SSos, menyambut baik program ini, karena juga sebagai upaya percepatan penanganan wabah virus corona dan menanggulangan dampaknya di masyarakat.

"Kelurahan Panji sebagi kelurahan percontohan Posko RT Siaga di Kecamatan Tenggarong diharapkan sebagai benteng pertahanan terdepan, untuk mengurai persoalan yang muncul sebagai dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya di Kelurahan Panji, dibawah Binaan Kodim 0906 Tenggarong dengan melibatkan relawan dari anggota Balakar Panji, Linmas Panji, Babinsa Panji, Babinkamtibmas Panji, Pusban dan Warga RT.19 kelurahan Panji," terangnya.

Ia berharap, dengan gerakan RT Siaga, penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Deteksi dini warga yang berisiko terpapar Covid-19 juga bisa secara cepat termonitor dan terkomunikasikan ke gugus tugas Covid-19.

Untuk diketahui, Kodam VI/Mulawarman menginisiasi pembentukan program RT SIGAP yang dikembangkan Kodim 0906/Tenggarong dan merupakan langkah lanjutan dari arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan penanganan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 dalam skala mikro. (One)

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara
Top