• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar bersama instansi terkait melakukan koordinasi di Posko Terpadu PPKM)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Saat ini kapasitas Wisma Atlet hampir semua terisi pasien terkonfirmasi positif Covid 19, begitu juga pelayanan pasien positif di RSUD AM Parikesit, untuk itu kami meminta kepada masyarakat Kutai Kartanegara tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) agar jumlah pasien tidak bertambah.

Hal ini diungkapkan Bupati Kukar Edi Damansyah kepada awak media saat menggelar Apel dan meninjau Posko Terpadu PPKM, Rabu (3/2) kemarin

"Saya berharap betul melalui kegiatan operasi yang kita lakukan ini betul-betul bisa memberikan dampak terhadap kesadaran masyarakat, karena salah satu faktor penentu penanganan covid 19 adalah bagaimana kita membangun kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan sehingga pendisiplinan masyarakat dengan anjuran-anjuran pemerintah dapat dilaksanakan," ujar Edi Damansyah.

Ia mengaku, saat ini kondisi yang kita hadapi di Kukar khususnya sarana prasarana infrastruktur kesehatan, kondisi di beberapa Kecamatan cukup terkendali dengan baik, tetapi kondisi di Tenggarong khususnya di RSUD AM Parikesit karena juga kondisi tambahan terkonfirmasi positif ini Rumah Sakit darurat yang kita persiapkan juga kondisinya sudah mulai terbatas sarana prasarana, sehingga harapan saya melalui operasi penegakan disiplin PPKM Ini betul betul nanti memberikan kontribusi terhadap masyarakat paling tidak nanti bisa terkendali dan kita terus bekerja keras dan berdoa semoga tidak ada lagi warga kita di Kukar yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Rumah sakit darurat kita, di wisma atlit ini kita siapkan di beberapa gedung itu, karena ada yang kita jaga di RSUD AM Parikesit itu jangan sampai pelayanan umumnya terganggu. Sejauh ini sudah ada satu gedung ditetapkan untuk pasien yang terkonfirmasi positif. Kita memastikan pelayanan rutin berjalan, penanganan covid juga berjalan, kami juga tidak berharap pasien Covid-19 di Kukar ini bertambah, makanya melalui operasi ini salah satu ukurannya nanti adalah bagaimana tingkat terkonfirmasi positif tidak ada tambahan lagi," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr. Martina Yulianti mengatakan, kondisi kapasitas pasien Covid-19 di wisma atlet sudah hampir 100 persen, artinya sudah tipis sekali jadi kalau ada pasien yang lama di dalam maka terjadi kepenuhan, per Rabu 3 Februari 2021 kemarin saja sudah ada penambahan 142 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, intinya virus ini sekarang semakin mudah penularannya.

"Kalau kita lihat dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Kukar setiap harinya ada perubahan sifat-sifat virus Covid-19 dimana penularannya sangat mudah, bahkan penularannya terjadi kepada masyarakat yang sudah tertip bermasker, jadi memakai masker saja saat ini tidak cukup karena masker yang dipakai harus baik dan benar konsisten dipakai terus, terpenting harus menjaga kebersihan tangan selalu menggunakan handsanitizer atau selalu mencuci tangan dan menghindari kerumunan," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top