• Senin, 02 Agustus 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur



Salah satu ruang diperpustakaan Sanga sanga dalam.


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Setelah sebelumnya Dua wilayah di Kukar telah ditetapkan sebagai Kampung Pintar yakni Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan dan Kelurahan Sanga-Sanga Dalam Kecamatan Sanga-Sanga, tahun ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar kembali tetapkan 3 wilayah dijadikan Kampung Pintar.

Sekertaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar Awang Febrian Sofyar menjelaskan, ketiga wilayah tersebut yakni Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Kelurahan Loa Ipuh Darat dan SP 3 Kecamatan Kota Bangun.

"Penetapan Kampung Pintar ini lantaran pihak pemerintah desa dan kelurahan setempat dianggap telah peduli dan memberikan perhatian lebih terhadap minat baca masyarakat, terlebih pengelolaan perpustakaan desa dan kelurahan juga memadai, " ungkap Awang Febrian Sofyar di ruang kerjanya belum lama ini.

Ia mengatakan, dalam Kampung Pintar ini kami juga melakukan pembinaan dan aktif meminjamkan atau memberikan bantuan buku dan komputer, bahkan kami juga membantu aplikasi penataan perpustakaan yang baik.

"untuk mendukung keberlangsungan Kampung pintar, harus dapat dukungan penuh dari kepala desa (Kades) dan dari Lurah yang wilayahnya ditetapkan, dalam hal kerja sama penataan perpustakaan, dan kami juga terbuka jika ada dukungan dari OPD, bisa memberikan bantuan sebagai bentuk dukungan terhadap Kampung Pintar demi mencerdaskan masyarakat,"terangnya.

Ia berharap, program ini akan terus di perluas sehingga perpustakaan yang ada di Desa maupun Kelurahan dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan menumbuhkan minat baca. (One/ADV Diskominfo)

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara
Top