• Sabtu, 04 Desember 2021
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Nofand Surya Gafillah)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Salah satu tantangan dalam Pilkada Kukar 9 Desember 2020 mendatang adalah menjaga kualitas demokrasi dengan meningkatkan partisipasi pemilih, dengan dihelat di tengah pandemi diprediksi akan mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di Pilkada Kukar 2020 dan tentu KPU Kukar melalui PPK diminta lebih kreatif dan berinovasi dalam sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Agar mendongkrak partisipasi pemilih di Kukar berbagai cara kreatifitas dan inovasi ditengah pandemi dilakukan KPU Kukar melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Di PPK Kembang Janggut misalnya, menurut Komisioner KPU Kukar Divisi Teknis Penyelenggaraan Nofand Surya Gafilah, mereka mengadakan lomba film pendek terkait himbauan ajakan agar masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

"Kegiatan ini sangat kami apresiasi beberapa PPK sudah membuat program inovatif untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dan ini tepat di masa pandemi, " ujarnya.

Selain itu lanjutnya, kreatifitas PPK dalam meningkatkan partisipasi pemilih yakni PPK Muara Jawa, disana dalam sosialisasi partisipasi pemilih ditengah pandemi telah dilakukan pendidikan pelatihan pemilih pemula melalui media daring.

"Tentunya dengan berbagai kreatifitas dan inovasi dalam rangka sosialisasi ditengah pandemi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, kami sangat mengapresiasi dan kami dorong PPK lainnya agar membuat program kreatifitas sosialisasi yang mampu nantinya mendongkrak partisipasi pemilih, " tutupnya.
(one/adv)

Pasang Iklan
Top