• Kamis, 01 Oktober 2020
logo
Pasang Iklan



(Edi Damansyah)



TENGGARONG (Kutairaya.com) - Bupati Kukar Edi Damansyah menerima kunjungan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Surya Tjandra di Pendopo Odah Etam, Kamis (13/8) sore.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, kunjungan Wamen Surya Tjandra ini dalam rangkaian konsultasi publik terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di wilayah Kukar, khususnya penyusunan tata ruang IKN.

"Tadi Wamen Surya Tjandra meminta masukan Pemkab Kukar berkaitan persiapan penyusunan tata ruang IKN, dan saya juga sudah menyampaikan data tekhnis di lapangan dibeberapa Kelurahan di Kecamatan Samboja itu masuk di dalam kawasan Tahura seperti Kelurahan Wonotirto bahkan dikawasan itu ada sertifikat hak milik yang di keluarkan oleh BPN, " ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, kita mengusulkan bahwa penyusunan tata ruang IKN ini juga mengakomodir kondisi di Samboja, jadi yang selama ini ada persoalan antara warga dengan kawasan itu bisa selesai berkaitan penataan ruang untuk IKN dan respon Wamen juga positif mengenai hal tersebut.

Usulan berikutnya Bupati Kukar Edi Damansyah mengaku, ada situasi kondisi di Kukar yang masuk kategori tanah terlantar misalkan ada beberapa sektor perkebunan kelapa sawit itu sudah diberikan HGU tapi dilapangan tidak ada realisasi tanamnya.

"Dan semua masukan ini sudah kita sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan bagaimana langkah kebijakan lebih lanjut, "terangnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, semua usulan ini dapat diakomodir sehingga bisa ditetapkan dalam kebijakan tata ruang IKN. (one/adv)

Pasang Iklan Disini
Top